Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seputar Pengertian Perjuangan

DuniaPengertian.com - Apa yang dimaksud dengan Perjuangan...? Perjuangan merupakan suatu usaha untuk meraih sesuatu yang diharapkan demi kemuliaan dan kebaikan. Berbicara mengenai perjuangan, pasti dalam setiap perjuangan ada yang namanya pertempuran. Ada seorang jendral yang banyak berjasa bagi bangsa dan negara, pada saat dia wafat maka dia akan selalu di kenang oleh bangsa dan negara tersebut sebagai seorang pahlawan. Bahkan bakat-pun termasuk potensi diri yang sudah ada sejak lahir dan dapat ditemukan pada ciri–ciri fisik ataupun perilaku, kemampuan juga yang selalu ada pada sesorang tergantung tingkat kesanggupan melakukannya. Perbedaan bakat dan kemampuan pasti terjadi manakala antara manusia sedang bekerja dalam organisasi (perjuangan). Siapa saja yang sudah memilki kekuatan secara bakat maupun kemampuan mereka berharap mencapai kesempurnaan diri.

Perjuangan juga merupakan posisi untuk pertahanan dalam terhadap perlawanan. Perjuangan adalah segala usaha yang dilakukan dengan pengorbanan, peperangan dan diplomasi untuk memperoleh atau mencapai kemerdekaan. Pemahaman tentang peristiwa-peristiwa besar proklamasi serta semangat kejuangan menjelang proklamasi, yang rela berjuang tanpa pamrih adalah hal relevan yang mesti dikedepankan sebagai pemahaman generasi penerus saat ini dan untuk berikutnya.

Definisi Perjuangan

Pengertian perjuangan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Sugono, 2008 : 1152) perjuangan adalah “perkelahian merebut sesuatu dengan peperangan ”.

Seputar Pengertian Perjuangan

Menurut Soekanto (2009 :212) dalam bukunya Sosiologi Suatu Pengantar, menyatakan bahwa perjuangan adalah “ aspek dinamis dari kedudukan (status)”. Seseorang menduduki suatu posisi dalam masyarakat perlu menjalankan perjuangannya, sebagaimana yang dijelaskan oleh Soekanto (2009 : 213) perjuangan dapat mencakup hal-hal sebagai berikut:

1) Perjuangan yang meliputi norma-norma yang dihubungkan dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Perjuangan dalam arti ini merupakan rangkaian peraturan-peraturan yang membimbing seseorang dalam kehidupan kemasyarakatan.

2) Perjuangan merupakan suatu konsep tentang apa yang dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi. 

3) Perjuangan juga dapat dikatakan sebagai prilaku individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat.

Pengertian lain tentang Perjuangan

1. Perjuangan berarti segala sesuatu yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam sebuah perjuangan terdapat berbagai macam hambatan. Semakin kita sering mengalami berbagai masalah maka semakin kuat pula kita.

2. Arti perjuangan adalah usaha dan kerja keras dalam meraih hal yang baik sebagai kunci menuju kesuksesan.

3. Perjuangan merupakan suatu usaha untuk meraih sesuatu yang diharapkan demi kemuliaan dan kebaikan.

4. Pada masa penjajahan, perjuangan adalah segala sesuatu  yang dilakukan dengan pengorbanan, peperangan dan diplomasi untuk memperoleh kemerdekaan.

5. Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan mempunyai arti luas, sehingga apa yang dilaksanakan oleh pahlawan-pahlawan di Nusantara merupakan peristiwa-peristiwa dalam perjuangan nasional Indonesia  Perbedaan antara “perjuangan” dan “pergerakan”. Pergerakan mempunyai arti yang khas, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan dengan menggunakan organisasi yang teratur 
Dalam konteks perjuangan kemerdekaan adalah upaya untuk untuk membebaskan diri dari cengkraman kezaliman kesewenang-wenangan dan penindasan penjajahan bangsa lain. Jarahan hasil bumi, ekspoitasi manusia dalam bentuk kerja paksa (rodi), tuntutan upeti atau pajak dari rakyat yang diluar kemampuan, monopoli perdagangan. Adalah contoh mengapa leluhur bangsa ini berjuang. Berjuang dari sebuah kesadaran bahwa ada hak dalam hidup ini yang diambil paksa oleh orang lain, demi meraih kembali hak itu tidak ada pilihan kecuali berjuang.

Perjuangan yang dibangunkan itu pula tidak boleh atas dasar hendak berkuasa dan memerintah, atas dasar hendakkan pangkat dan nama, atas dasar hendak menegakkan bangsa, atas dasar hendak menghapuskan kezaliman (walaupun disuruh) dan lain-lain.