Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Benua

DuniaPengertian.com - Apa yang dimaksud dengan benua jelaskan?, Apa saja Ciri-Ciri dari benua..? dan Apa saja benua yang ada dibumi. simak penjelasan dibawah ini

Apa Itu Benua..?

Pengertian Benua

Benua adalah daratan yang sangat luas,dimana terdapat wilayah yang tidak pernah dipengaruhi iklim laut, Misalnya : Benua Asia, Benua Asutralia dll. 

Benua merupakan daratan yang sangat luas yang ada di permukaan bumi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Benua diartikan sebagai tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Penentuan benua diidentifikasikan dari kesepakatan dibanding kriteria-kriteria baku. Sekarang ini ada 7 Benua yang diakui yakni Benua Asia, Afrika, Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa dan terakhir Australia.

Menurut Wikipedia Benua ialah daratan sangat luas yang berada di permukaan bumi. Iiidentifikasi benua lebih didasarkan pada konvensi (kesepakatan) daripada kriteria-kriteria baku. Terdapat tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai benua, yaitu (dari berukuran terbesar hingga terkecil): Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia. Secara geologis, kerak benua meliputi wilayah yang tertutupi air.

Apa Saja Ciri-ciri benua 

1. Berupa daratan yang luas. 

2. Bagian tengahnya kering tidak dikenai angin laut. 

3. Mengalami gerak bergeser sehingga ada yang berubah bentuk. 

4. Antar benua dipisahkan oleh air atau Samudra. 

5. Berupa kumpulan pulau-pula dalam satu wlayah yang memiliki kesamaan dalam sejarah, ras, dan keadaan alamnya. 

Benua Apa Saja yang ada dibumi

1. Benua Asia

Benua Asia merupakan benua yang terbesar di dunia. Luas daratannya mencapai 44.579.000 kilometer persegi atau sekitar 29,5% dari luas bumi. Karena benua ini sangat luas, benua ini memiliki penduduk sekitar 4.164.252.000 jiwa atau sekitar 60% dari total populasi manusia di bumi serta terdapat 45 negara di dalam Benua Asia.

2. Benua Afrika

Benua Afrika merupakan benua kedua terbesar di dunia. Benua ini memiliki luas sekitar 30.370.000 kilometer persegi atau sekitar 20,4% dari luas bumi. Benua ini memiliki populasi penduduk dengan jumlah 1,020.201.229 jiwa di mana termasuk 15% dari populasi manusia di bumi.

3. Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara merupakan salah satu bagian dari Benua Amerika, namun benua ini terpecah menjadi dua bagian. Benua ini memiliki luas sekitar 24.490.000 kilometer persegi. Populasi manusia pada benua ini juga memiliki jumlah sebanyak 542.056.000 jiwa di mana hanya 16,5% dari keseluruhan populasi manusia di bumi. Terdapat sebanyak 23 negara yang termasuk ke dalam wilayah Benua Amerika Utara.

4. Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan merupakan benua terbesar di dunia yang masuk pada urutan keempat. Benua ini memiliki luas daratan sekitar 17.840.000 kilometer persegi. Populasi manusia dalam benua tersebut sebanyak 392.555.000 jiwa atau sekitar 6% dari jumlah penduduk di dunia. Benua ini juga memiliki beberapa negara di dalamnya, yaitu sekitar 12 negara saja.

5. Benua Antartika

Benua Antartika merupakan benua terbesar yang menempati urutan kelima. Benua ini memiliki luas daratan sekitar 13.720.000 kilometer persegi. Populasi penduduk yang ada di benua ini hanya sekitar 4.490 jiwa saja. Jumlah populasi penduduk di benua ini merupakan jumlah paling sedikit dari benua lainnya. Bahkan tidak ada satu pun negara yang ada di benua ini, hanya benuanya saja.

6. Benua Eropa

Benua Eropa merupakan benua terbesar di dunia pada urutan keenam. Benua ini memiliki luas daratan sekitar 10.180.000 kilometer persegi. Benua ini memiliki populasi penduduk berjumlah 738.199.000 jiwa, yang artinya 11% dari seluruh populasi penduduk di dunia. Jumlah negara yang ada di benua ini ada 45 negara.

7. Benua Australia

Benua Australia merupakan benua terbesar pada urutan ketujuh. Benua ini memiliki luas sekitar 9.008.500 kilometer persegi. populasi penduduk yang ada di benua ini mencapai 29.127.000 jiwa, atau sekitar 0,4% dari populasi keseluruhan yang ada di dunia. Negara yang ada di benua ini berjumlah 14 negara.