Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Kasein Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

DuniaPengertian.Com – Protein dalam susu dapat dibagi dalam dua kategori yaitu protein tidak larut dari kelompok kasein dan protein terlarut (protein whey), yang dapat dijumpai dalam laktoserum. intuk lebih jelasnya tentang Kasein simak penjelasan berikut ini

Apa Itu Kasein

Pengertian Kasein Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Pengertian Kasein adalah merupakan fosfoprotein paling dominan yang terdapat pada susu. Di dalam susu sekitar 80% dari proteinnya adalah kasein yang biasanya berupa garam dari kalsium. Kasein tidak dapat dikoagulasi oleh panas namun kasein dapat diendapkan oleh asam dan enzim rennet. Kasein merupakan senyawa amfoter yang dapat bereaksi dengan asam maupun basa. Hal ini disebabkan karena molekulnya mempunyai muatan positif dan negatif. Pada saat titik isoelektrik dicapai, muatan positif dan negatifnya adalah sama. Kasein dapat secara mudah mengendap pada titik isoelektriknya karena kasein mengalami dehidrasi (Winarno, 2007).

Kasein merupakan protein utama susu dengan proporsi sekitar 80% dari total protein dalam susu. Kasein terdapat dalam bentuk kasein kalsium, yaitu senyawa kompleks dari kalsium fosfat dan terdapat dalam bentuk partikel-partikel kompleks koloid yang disebut micelles (Buckle dkk., 2007).

Kasein bersifat hidrofobik, kasein memiliki muatan yang cukup tinggi yang banyak mengandung prolin dan beberapa residu sistin. Kasein menunjukkan kecenderungan untuk berasosiasi dengan protein lain dan juga beberapa ligan, sesuai karakter hidrofobik dari misel. Kasein diketahui kaya akan protein prolin (Yuksel, Avci, and Erdem, 2010). 

Berdasarkan kandungan hidrofobisitas muatan dan prolin, terdapat empat jenis kasein yang berbeda, yaitu αs1-kasein, αs2- kasein, β-kasein, dan K-kasein. Setiap jenis kasein memiliki struktur yang berbeda-beda. Kasein digambarkan sebagai protein yang tidak berstruktur dengan kandungan prolin yang relatif tinggi. Kasein relatif hidrofob, yang membuatnya sangat kurang larut di dalam air (Bohin, et al., 2014).

Casein protein untuk apa?

Dikutip dari hallosehat.com Fungsi utama kasein ialah menyediakan asam amino yang penting untuk membangun massa otot. Protein ini bekerja dengan cara sebagai berikut.

1. Proses pencernaannya lebih lambat

Tubuh Anda akan mencerna kasein secara perlahan-lahan bahkan hingga tujuh jam lamanya. Proses pencernaan yang lambat ini amat berguna untuk memperbaiki sel dan jaringan yang mengalami kerusakan akibat aktivitas fisik berat. Kasein juga menyediakan nutrisi yang cukup untuk memulihkan kekuatan otot setelah Anda beraktivitas fisik selama seharian. Bersamaan dengan proses pencernaan yang lama, konsumsi kasein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Membangun massa otot yang lebih besar

Selain memperbaiki sel otot, kasein juga memiliki fungsi dalam membentuk massa otot. Menurut sebuah studi dalam Journal of Strength and Conditioning Research, Anda bisa mendapatkan manfaat ini setelah mengonsumsi kasein selama sepuluh minggu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda tentu perlu mengiringinya dengan asupan protein yang memadai. Jangan lupa lakukan olahraga secara rutin, khususnya dalam bentuk latihan ketahanan otot ( resistance training).

3. Menambah kekuatan otot

Banyak orang lebih memilih suplemen protein whey untuk meningkatkan kekuatan otot. Padahal, kasein juga sama pentingnya. Menurut sebuah penelitian pada 2018, asupan suplemen kasein dan latihan otot efektif untuk meningkatkan ukuran dan kekuatan otot. Fungsi yang satu ini mungkin berkaitan dengan efek antikatabolik yang dimiliki kasein. Artinya, kasein tidak hanya membangun otot, tapi juga memelihara jaringan otot dan mencegah kerusakan yang dapat mengurangi massanya.

4. Meningkatkan laju metabolisme tubuh

Selain berolahraga untuk meningkatkan massa otot, Anda mungkin juga memiliki target untuk menghilangkan lemak dan membakar kalori. Mengonsumsi kasein ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Peningkatan asupan kasein dalam makanan sehari-hari berpotensi dapat mengontrol berat badan dan memperbaiki komposisi tubuh. Kasein juga memiliki fungsi dalam meningkatkan pengeluaran energi tanpa membuat Anda kelaparan.

Itulah Penjelasan Tentang Pengertian Kasein Dan Manfaatnya Bagi Tubuh. semoga bermanfaat Terima Kasih.