Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Asuransi Pendidikan

DuniaPengertian.com - Apa yang dimaksud asuransi pendidikan? Salah satu alternatif pengelolaan biaya pendidikan yang dapat dikembangkan oleh pemerintah adalah asuransi pendidikan. 

Pendidikan merupakan faktor kebutuhan yang paling paling utama dalam kehidupan. Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya diperguruan tinggi melainkan juga di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. 

Asuransi pendidikan bisa menjadi alternatif bagi orang tua yang ingin menjamin masa depan anak-anaknya. Walaupun tidak menutupi semua kebutuhan biaya pendidikan, dengan adanya asuransi pendidikan masyarakat akan terbantu.

Yang Dimaksud Asuransi Pendidikan

Pengertian Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah merupakan salah satu alternatif yang dinilai akan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan. Asuransi pendidikan dirancang sedemikian rupa, sehingga hanya untuk keperluan pendidikan anak yang sesuai dengan jenjang pendidikan. Bahkan ketika orangtua tidak produktif atau mengalami risiko kematian, para penerima manfaat polis (anak-anak) akan tetap terjamin kelangsungan hidup dan pendidikannya. 

Ada banyak pengertian dalam mendefinisikan asuransi pendidikan, namun dapat ditarik benang merahnya dari pengertian asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan adalah kontrak antara perusahaan asuransi dan orangtua yang menyebutkan bahwa orangtua setuju untuk membayar sejumlah premi asuransi secara berkala kepada pihak perusahaan asuransi, untuk kemudian orangtua mendapatkan sejumlah dana pendidikan tertentu dari perusahaan asuransi pada saat anak memasuki usia sekolah sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Secara umum, pengertian asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi terdapat kebutuhan biaya pendidikan anak. Dengan kata lain, jika telah terdaftar pada asuransi jenis ini maka orang tua telah menjamin berbagai biaya pendidikan yang harus dikeluarkan nantinya. Keuntungan dari memiliki asuransi pendidikan adalah menjadi solusi, saat orang tua menderita kesulitan finansial.

Dalam asuransi ini, peserta memiliki dua kemungkinan, bila peserta masih hidup sampai masa kontrak berakhir, maka pembayaran klaim dari rekening pada peserta porsi bagi hasil, akan diterima peserta bersangkutan untuk kemudian digunakan bagi biaya pendidikan anak-anak. Tetapi bila peserta meninggal dunia pada saat masa kontrak masih berlangsung, maka pembayaran klaim berupa rekening pesera, porsi bagi hasil, dan dana kebalikan diambil dari tabungan akan diterima oleh ahli warisnya untuk biaya pendidikan setelah ditinggal orangtuanya.

Fungsi Asuransi Pendidikan 

Pada umumnya asuransi pendidikan memberikan dua fungsi, yaitu 

Pertama proteksi, fungsi proteksi ini akan menanggung risiko kematian dengan menjanjikan sejumlah uang pertanggungan jika mengalami kematian. Pada umumnya jumlah uang pertanggungan yang diberikan sesuai dengan biaya pendidikan anak yang sudah disepakati dalam polis, sehingga anak akan tetap dapat meneruskan pendidikannya. 

Kedua sebagai tabungan. Orangtua dianjurkan untuk disiplin menabung sejak dini bagi biaya pendidikan anaknya di masa depan

Apa Saja Jenis Asuransi Pendidikan 

a. Asuransi pendidikan dwiguna (endowment) 

adalah asuransi jiwa yang memberikan perlindungan atau proteksi serta terdapat tabungan di dalamnya. Asuransi jiwa yang terdapat dalam asuransi pendidikan dwiguna (endowment) akan memberi perlindungan berupa uang pertanggungan apabila tertanggung (biasanya mencari nafkah) sampai meninggal dunia atau cacat tetap total dalam masa pertanggungan asuransi. Lalu manfaat tabungan yang terdapat di dalam asuransi pendidikan dwiguna ini bersifat seperti tabungan berjangka yang memiliki nilai pasti dan dijamin pada ssat pen-cairannya. Jadi jumlah uang yang akan dicairkan dalam jangka waktu tertentu sudah pasti sesuai dengan kontrak yang tertulis. 

b. Asuransi pendidikan unitlink 

adalah asuransi jiwa yang terdapat unsur investasi di dalamnya. Asuransi jiwa yang terdapat dalam asuransi pendidikan unitlink memiliki manfaat yang sama seperti asuransi dwiguna yaitu untuk memberi perlindungan. Tetapi unsur investasi yang ada di asuransi pendidikan unitlink berbeda dengan tabungan yang ada di asuransi pendidikan dwiguna. Investasi yang terdapat dalam asuransi pendidikan unitlink nilai investasinya tidak dijamin, bisa lebih besar, bisa juga lebih kecil. Jadi, apabila hasil tersebut tidak berkembang dengan baik, maka uang investasinya bisa saja tidak sesuai dengan perencanaan pendidikan yang kita inginkan. Dan terdapat biaya-biaya yang mungkin saja dapat mengurangi investasi yang ada di dalam asuransi pendidikan unitlink tersebut.

Apa Manfaat Asuransi Pendidikan 

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan kepada anggota asuransi pendidikan atau pihak tertanggung. Salah satunya adalah peserta asuransi atau anggota asuransi akan memperoleh jaminan pendidikan untuk masa yang akan datang, karena dimasa yang akan datang besar kecilnya biaya pendidikan belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, asuransi pendidikan anak sangat penting untuk masa yang akan datang mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Contoh manfaat lainnya yaitu, pemilik asuransi pendidikan dapat melakukan investasi yang menguntungkan dan mendapatkan proteksi yang memadai.

Apa saja contoh asuransi pendidikan?

Asuransi Pendidikan BRI Life. 

Asuransi Pendidikan Prudential.

Asuransi Pendidikan Allianz, 

Asuransi Pendidikan Manulife. 

Asuransi Pendidikan AXA Mandiri. 

Asuransi Pendidikan BCA. 

Asuransi Pendidikan BNI Life Solusi Pintar.