Widget HTML #1

Pengertian Iklan, Ciri-Ciri Dan Jenisnya

DuniaPengertian.Com - Pernahkah anda mendengar pertanyaan seperti.. Apa itu pengertian dari iklan?, ciri-ciri iklan?, Jenis iklan ? Berikut ini adalah penjelasannya. Iklan merupakan hal penting dalam memasarkan produk atau jasa. Melalui iklan yang disampaikan dengan baik, produk atau jasa yang dimiliki perusahaan bisa dikenali oleh calon konsumen. Tidak bisa dipungkiri bahwasannya tanpa adanya iklanpun suatu produk atau jasa juga bisa dikenali oleh calon konsumen. Keuntungan ketika suatu produk dilakukan pengiklanan adalah cepat dikenalinya sutau produk atau jasa oleh calon konsumen.

Definisi Iklan

Jika dilihat dari artinya iklan berbeda dengan periklanan, dimana iklan adalah sebagai pesan yang disampaikan kepada konsumen baik secara lisan atau dalam penglihatan. Secara sederhana iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”.

Iklan dapat diartikan sebagai berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak/orang ramai tentang benda atau jasa yang ditawarkan.

Iklan dapat pula diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak/orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar/koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. 

Iklan merupakan setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seorang pembeli potensial dan mempromosikan penjual suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat publik, memenangkan dukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan keinginan pemasang iklan.

Dari pengertian iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan. Pada dasarnya iklan merupakan sarana komunikasi yang digunakan komunikator dalam hal ini perusahaan atau produsen untuk menyampaikan informasi tentang barang atau jasa kepada publik, khususnya pelanggannya melalui suatu media massa. Selain itu, semua iklan dibuat dengan tujuan yang sama yaitu untuk memberi informasi dan membujuk para konsumen untuk mencoba atau mengikuti apa yang ada di iklan tersebut, dapat berupa aktivitas mengkonsumsi produk dan jasa yang ditawarkan.

Menurut Frank Jefkins (1997) iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli.

Pengertian iklan menurut Fandy Tjiptono (2005) mengatakan bahwa: “Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keungulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian”.

Secara sederhana iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

Menurut Kasali (2007). Sedangkan menurut Kotler & Keller yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan (2007) Iklan adalah segala bentuk presentasi nonpribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

Ciri-Ciri Iklan

Ciri iklan yang paling umum, yaitu bersifat memberi informasi dan mampu menjelaskan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, terdapat sejumlah ciri-ciri iklan lainnya, antara lain:

1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Iklan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan mengerti banyak orang.

2. Iklan dikemas secara menarik perhatian dan minat para pembacanya. Dengan begitu, seseorang ingin mencoba apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. 

3. Iklan memiliki sisi yang jelas. Isi iklan disarankan sangat singkat, jujur, menarik perhatian, dan tidak menyinggung salah satu pihak.

4. Iklan bersifat membujuk dan mengajak. Iklan harus memiliki sifat mengajak dengan tujuan dapat menarik simpatik banyak orang untuk mencoba dan memakai produk yang ditawarkan.

Jenis Iklan

Terdapat beberapa jenis iklan yang bisa diketahui melalui pengelompokannya yang didasarkan pada bentuk, media penyebar dan tujuannya. Berbagai macam iklan dapat dikelompokkan ke dalam jenis-jenis iklan sebagai berikut: 

a. Berdasarkan tujuan 

Jika didasarkan pada tujuannya iklan dibagi kedalam tiga bentuk yaitu:

1) Iklan pengingat, dimana tujuannya yaitu menstimulasikan pembelaian berulang produk atau jasa 

2) Iklan persuasif, dimana tujuannya yaitu menciptakan pembelian, keyakinan, preferensi dan kesukaan produk atau jasa 

3) Iklan normatif, dimana tujuannya yaitu memeberikan pengetahuan mengenai produk, kesadaran merk dan juga fitur yang terdapat dalam produk atau jasa.

b. Berdasarkan Sifat 

1) Iklan komersial 

Merupakan iklan yang sifatnya menjualkan produk atau jasa secara langsung. Beberapa jenis iklan komersil yaitu: 

a) Iklan respon langsung, dalam iklan ini memungkinkan konsumen memberikan respon secara langsung saat melihatnya 

b) Iklan pengecer, iklan ini dilakukan oleh pengecer dengan tujuan dangangannya terjual 

c) Iklan perdagangan, yaitu iklan yang ditujukan untuk menawarkan dagangan yang akan dijual kembali 

d) Iklan antarbisnis, yaitu iklan bagi barang nonkonsumsi

e) Iklan konsumen, yaitu iklan yang bertujuan untuk menjualkan barang konsumsi.

2) Iklan Nonkomersial 

Iklan ini sifatnya tidak secara langsung menjualkan produk atau jasa. Termasuk dalam iklan ini adalah

a) Iklan Public Relation, yaitu upaya dalam mengenalkan perusahaan kepada masyarakat. 

b) Iklan Institusi, bertujuan membangun citra perusahaan 

c) Iklan Layanan Masyarakat, yaitu iklan yang di dalamnya berupa pesan dalam menciptakan kemasalhatan bersama. 

d) Iklan Lowongan Pekerjaan, iklan yang ditujukan untu merekrut karyawan baru dalam suatu perusahaan. 

e) Iklan Identitas Korporat, iklan yang ditujukan untuk mengingatkan masyarakat akan suatu perusahaan.

c. Berdasarkan Media Penyebarluasan 

1) Iklan media cetak, surat kabar, majalah dan tabloid raket 

2) Iklan radio 

3) Iklan televisi 

4) Iklan media luar ruang (luar Rumah) 

5) Iklan bioskop 

6) Iklan internet

d. Berdasarkan Bentuk Penyajiannya 

1) Iklan Spot. Iklan ini memiliki waktu yang singkat dengan perpaduan efek suara, musik dan juga kata-kata. 

2) Iklan Kolom dan Baris. Merupakan iklan terdapat dalam media cetak yang di dasarkan pada panjang baris kalimat dan luas kolom. 

3) Iklan Adlib. Merupakan iklan yang dibaca atau diucapkan oleh penyiar televisi atau radio.

4) Iklan Advertotial. Iklan ini disampaikan layaknya menyampaikan berita sehingga informasi yang diberikan lebi detail. 

5) Iklan Sponsor. Merupakan iklan yang dilakukan dengan membeli slot waktu atau space tertentu di suatu media.