Widget HTML #1

Pengertian Afiliasi

Duniapengertian.com – Apa yang dimaksud dengan Afiliasi...? Afiliasi memang dianggap baik sebagai sarana untuk mencapai tujuan maupun tujuan itu sendiri. Yaitu, bahwa orang dapat berteman dengan orang lain untuk memperoleh berbagai jenis penghargaan yang sifatnya impersonal yang diberikan orang lain, seperti misalnya uang, dukungan, atau perlindungan.

Definisi Afiliasi

Bisnis afiliasi merupakan salah satu bidang bisnis di Internet yang sedang booming sampai saat ini. Afiliasi merupakan konsep penjualan online yang melibatkan pemilik barang, perantara, dan pembeli dalam transaksi penjualan barang di dunia maya. Di dalam dunia nyata, afiliasi bisa disamakan dengan broker, calo, makelar, sponsor, atau perantara. Seorang yang menjadi perantara di dalam bisnis internet, biasanya disebut affiliate. Afiliasi sejatinya berbeda dengan bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang mencari downline untuk mencari pendapatan. Perbedaan yang nyata, Anda sebagai affiliate benar-benar mendapatkan pendapatan dari komisi menjual barang milik pedagang lain (merchant) tanpa harus mencari downline

Menurut Schachter (dalam Gellerman, 1984). afiliasi adalah suatu keinginan untuk bersatu dengan orang lain tanpa memperdulikan apa pun kecuali kebersamaan yang jelas dapat diperoleh. Selain itu, motif afiliasi juga diartikan sebagai peluang untuk memperoleh pengakuan atas keyakinan keyakinannya.

Murray (dalam Hall & Lindzey, 1993) afiliasi adalah mendekatkan diri, bekerjasama atau membalas ajakan orang lain yang bersekutu (orang lain yang menyerupai atau menyukai subjek). Membuat senang dan mencari afeksi dari objek yang disukai. Patuh dan tetap setia kepada seorang kawan.

Komponen yang terlibat dalam bisnis Afiliasi 

1. Merchant (pedagang) Yaitu pihak yang memiliki barang atau jasa yang dijual melalui internet. Barang jasa yang dijual bisa berupa barang nyata (elektronik, buku, perhiasan, dan lainnya), barang maya (e-book, template web, dan lainnya), jasa (sewa domain, hosting, dan lainnya).

2. Affilate (perantara) Affiliate merupakan pihak perantara untuk menjual atau mengarahkan pembeli untuk membeli barang dan jasa dari pedagang, agar terjadi transaksi sehingga orang tersebut akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil. 

3. Customer (pembeli) Customer atau pembeli adalah pihak yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh affilate melalui internet. Pembeli tentunya akan memilih dalam membeli atau bertransaksi di internet, sesuai dengan penawaran yang menarik dan menggiurkan dari para affiliate.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Bagaimana sistem kerja bisnis afiliasi hingga dapat menguntungkan bagi Anda sebagai affiliate, karena mendapatkan komisi dari hasil penjualan.

Anda sebagai affiliate yang sudah terdaftar menjadi member salah satu Merchant. Kemudian memasang banner, link, atau produk di dalam Blog Anda, kemudian suatu saat ada calon pembeli tertarik ketika melihatnya melalui blog milik Anda di Internet. Maka masuklah pembeli tersebut melalui link atau banner yang Anda pasang di blog, link tersebut akan menuju ke website merchant yang menyediakan afiliasi. Jika tidak terjadi transaksi antara calon pembeli dan merchant maka Anda sebagai affiliate tidak akan mendapatkan komisi. Sedangkan jika terjadi transaksi antara pembeli dan Merchant, maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan persentase yang telah ditentukan sebelumnya oleh merchant.

Cara kerja Afiliasi ditunjang juga dengan jenis afiliasi yang Anda pasang di dalam Blog. Beberapa Merchant besar seperti Amazon.com misalnya, memiliki banyak jenis afiliasi yang dapat Anda pasang di dalam Blog. Ada beberapa jenis afiliasi yang dapat menunjang Anda dalam mempromosikan produk, seperti:

1. Link Review Afiliasi 

Link Afiliasi ini biasanya disediakan oleh Merchant untuk dipasang/disisipkan sebagai bagian dari artikel review di dalam Blog milik affiliate.

2. Banner Afiliasi 

Banner Afiliasi memiliki tampilan yang lebih mirip dengan pesan sponsor. Link banner dapat berupa gambar statis atau animasi flash yang bergerak. Biasanya diletakkan di sidebar Blog atau di dalam artikel Blog milik Affiliate.

3. Search Afiliasi 

Search Afiliasi atau pencarian afiliasi adalah mesin pencarian yang disediakan oleh merchant untuk Anda pasang di dalam Blog. Fungsinya, jika ada yang berkunjung ke dalam Blog dan mencari sesuatu menggunakan pencarian afiliasi, kemudian hasil pencarian akan diarahkan langsung ke dalam web milik Merchant