Widget HTML #1

Pengertian Pemasaran Digital (Digital Marketing )

DuniaPengertian.Com – Apa Itu Pemasaran Digital (Digital Marketing)....?, Manfaat Pemasaran Digital, Saluran Media Pemasaran Digital, Karakteristik Pemasaran Digital, Keunggulan Dan Kelemahannya. Pada masa sekarang, media sosial telah menjadi suatu alat penting untuk menghubungkan teman dan kerabat, atau dengan slogannya yang terkenal yaitu connecting people di berbagai belahan bumi manapun, masyarakat mudah menggunakan sosial media untuk menghubungkan dan membagi berbagai konten, baik itu video, foto, maupun artikel kepada para kolega dan teman melalui berbagai platform sosial media.

Pengertian Pemasaran Digital (Digital Marketing )

Di Indonesia sendiri, penggunaan masyarakat yang berinteraksi melalui media sosial telah berkembang pesat dari tahun ke tahun, sehingga para marketing dan tenaga pemasaran dan pelaku bisnis berskala kecil, menengah sampai perusahaan besar menggunakan platform media sosial sebagai sarana yang efektif untuk memasarkan produk.

Definisi Pemasaran Digital (Digital Marketing )

Pemasaran digital adalah suatu bentuk usaha atau kegiatan yang dijalankan oleh tenaga pemasar, baik itu perusahaan maupun individu dalam rangka melakukan pemasaran sebuah produk atau merek, baik itu produk barang maupun produk jasa dengan melalui pemanfaatan teknologi informasi digital, seperti menggunakan media elektronik, maupun menggunakan media berbasis internet.

Perkembangan teknologi informasi dan pemasaran melalui digital marketing diramalkan akan menjadi titik perubahan teknik memasarkan suatu produk barang dari memasarkan secara konvensional beralih menggunakan pemasaran digital, bukan hanya pada elemen pemasaran melainkan akan berimbas kepada seluruh kegiatan bisnis secara keseluruhan baik itu sebuah bisnis yang sudah berskala besar dan nasional maupun bisnis perorangan yang mempunyai skala kecil.

Dikutip dari wikipedia Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan

Menurut Chaffey D, 2009, Digital marketing adalah merupakan pemasaran dengan pemanfaatan teknologi digital. Peran digital marketing menjadi hal penting sesuai perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik pelanggan serta mengarahkannnya pada perpaduan antara komunikasi elektronik maupun konvensional.

Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan Pemasaran Digital adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Tentu saja pemasaran digital bukan hanya berbicara tentang pemasaran internet.”

Menurut (Ali, 2013) E-Marketing atau digital marketing diartikan sebagai penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran serta upaya pengembangan atau penyesuaian konsep pemasaran itu sendiri, dapat berkomunikasi dalam cakupan global, dan mengubah cara perusahaan melakukan bisnis dengan pelanggan 

Manfaat Pemasaran Digital (Digital Marketing )

1. Biayanya relatif murah adalah pemasaran menggunakan digital marketing jauh lebih murah dan mudah menjangkau calon konsumen begitu luas dibandingkan periklanan konvensional. Sifat digital marketing memungkinkan konsumen memeriksa dan membandingkan produk satu dengan yang lainnya lebih nyaman. 

2. Muatan informasi yang besar adalah penggunaan digital marketing menyediakan sejumlah informasi yang besar dan begitu luas dibandingkan dengan media konvensional seperti media cetak, radio dan televisi. Digital marketing juga mampu menyimpan data secara akurat yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Saluran Media Pemasaran Digital

1. Paid media adalah media yang dibeli, dimana ada investasi yang digunakan dalam pelaksanaannya, mencapai atau konversi melalui pencarian, jaringan iklan display atau pemasaran afiliasi. Sedangkan secara offline seperti media cetak, iklan TV dan surat langsung.

2. Earned Media adalah media yang diperoleh telah menjadi nama yang diberikan untuk publisitas yang dihasilkan melalui hubungan masyarakat dan diinvestasikan dalam penargetan dalam mempengaruhi untuk meningkatkan kesadaran tentang merek. Earned Media juga termasuk word-of-mouth yang dapat dirangsang melalui pemasaran media viral dan sosial, dan percakapan di jaringan sosial, blog, dan komunitas lainnya.

3. Owned Media adalah media yang dimiliki oleh perusahaan. Media online termasuk situs perusahaan sendiri, blog, daftar e-mail, aplikasi mobile atau kehadiran media sosial mereka di Facebook, LinkedIn atau Twitter. Sedangkan media offline seperti brosur atau toko ritel

Karakteristik Pemasaran Digital

1. Upaya meningkatkan interaktivitas bisnis dengan pelanggan yang bergantung pada teknologi.

2. Sebuah dialog elektronik (teknologi interaktif) untuk memberikan akses informasi kepada pelanggan (komunitas, individu), dan sebaliknya.

3. Upaya melakukan semua kegiatan bisnis melalui internet untuk tujuan penelitian, analisis dan perencanaan untuk menemukan, menarik, dan mempertahankan pelanggan.

4. Upaya meningkatkan akselarasi jual beli barang dan jasa (tertentu), informasi dan ide melalui internet.

Keunggulan Pemasaran Digital

1. Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan;

2. Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai;

3. Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional;

4. Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis;

5. Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu;

6. Hasil dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian online;

7. Kampanya bisa dipersonalisasi;

8. Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Kelemahan Pemasaran Digital

1. Mudah ditiru oleh pesaing;

2. Dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab;

3. Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif;

4. Belum semua orang menggunakan teknologi internet/digital.