Widget HTML #1

Pengertian Metode Debat

DuniaPengertian.Com – Apa Yang dimaksud Dengan Meode Debat..? Metode debat dapat meningkatkan pemikiran dan kemampuan berargumentasi. Metode ini biasanya terdiri dari diskusi antara dua belah pihak yang mempunyai pendapat yang berbeda. Metode debat dilakukan dengan aturan-aturan tertentu dengan membagi kelompok menjadi dua yaitu kelompok pro dan kelompok kontra.

Pengertian Metode Debat

Metode debat merupakan salah satu bentuk dari metode diskusi. Pada dasarnya kedua metode tersebut memiliki kesamaan, yaitu mengambil sebuah keputusan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya dalam metode diskusi lebih mencari titik pertemuan pendapat mengenai suatu permasalahan. Berbeda dengan metode debat yang lebih menekankan pada mempertahankan suatu pendapat dengan argumen-argumen yang mendukung pendapat tersebut.

Definisi Metode Debat

Menurut Shoimin (2014: 25) “Metode debat merupakan kegiatan adu pendapat atau argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.”

Menurut Mel dalam Mardiana (2017: 12-13) mengungkapkan bahwa “Metode debat adalah metode berharga untuk meningkatkan pemikiran dan perenungan terutama jika anak didik diharapkan mampu mengemukakan pendapat yang pada dasarnya bertentangan dengan diri mereka sendiri.”

Menurut Uno dan Mohamad (2013: 100), “Metode debat adalah metode yang dirancang untuk memecahkan masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Secara Umum metode debat adalah merupakan sebuah konteks antara dua orang atau lebih (kelompok) dimana mereka melakukan adu pendapat atau adu argumen terhadap suatu masalah yang harus dipecahkan atau diselesaikan, mendiskusikan dan kemudian dapat memutuskan atau mengambil kesimpulan dari permasalahan tersebut.

Berdasarkan pendapat mengenai metode debat, maka dapat disimpulkan bahwa metode debat adalah adu pendapat antara kelompok pro dan kelompok kontra tentang suatu masalah tertentu yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Biasanya debat terjadi karena adanya perbedaan pandangan mengenai suatu masalah yang kontroversial, sehingga perlu dibicarakan untuk mendapatkan suatu pemecahan masalahnya.