Widget HTML #1

Pengertian Literatur Primer Serta Jenisnya

DuniaPengertian.com - Salah satu sumber informasi yang menjadi bahan rujukan bagi mahasiswa dalam membuat laporan penelitian adalah sumber primer (literatur primer). Penulisan setiap karya ilmiah atau laporan penelitian hendaknya memenuhi kriteria yang lazim baik dari segi teknis, bahasa, sistematika maupun substansi. Selain itu, penulisan ilmiah hendaknya didasarkan pada sumber yang berkualitas dan diutamakan menggunakan sumber-sumber primer serta terhindar dari tindakan plagiat. Ketersediaan literatur primer (informasi primer) sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat ilmiah seperti di perguruan tinggi.

Pengertian Literatur Primer Serta Jenisnya

Pengertian Literatur Primer 

Didalam buku Dasar-Dasar Organisasi Informasi karangan Kosam Rimbarawa disebutkan “Literatur Primer (Informasi Primer) adalah Hasil karya pengarang atau peneliti atau penulis yang orisinil atau yang masih asli.

Menurut Sulistyo Basuki “Literatur Primer (Dokumen Primer) adalah dokumen yang berisi informasi mengenai penelitian asli, mengenai aplikasi teori baru maupun penjelasan mengenai sebuah teori dalam semua disiplin ilmu”.

Secara umum Literatur primer atau informasi primer adalah karya asli dari pengarang atau penulis yang belum dievaluasi atau di terjemahkan oleh orang lain.

Jenis Literatur Primer

yang termasuk kedalam literatur primer adalah :

1. Majalah

Majalah sering disebut terbitan berkala, karena terbit secara berkala (periodik). Kala terbitnya dapat teratur seperti mingguan, bulanan, triwulanan, dan dapat juga tidak teratur. Majalah biasanya memiliki nomor urut, tahun terbit, dewan redaksi, dan di terbitkan terus sampai waktu yang tidak terbatas. 

2. Jurnal

Jurnal adalah terbitan berkala yang berisi yang berisi tulisan ilmiah yang terbit pada kala/waktu tertentu. Tulisan ilmiah ini bisa berupa hasil penelitian, artikel ilmiah maupun ringkasan karya akademik.

3. Laporan Penelitian

Laporan Penelitian adalah laporan mengenai penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh ilmuan perorangan, lembaga penelitian, perusahaan swasta, maupun badan pemerintah, ada yang mengatakan bahwa laporan penelitian merupakan bentuk awal dari sebuah dokumen primer karena sebelum hasil penelitian dipaparkan dalam sebuah majalah telah di laporkan terlebih dahulu dalam laporan penelitian.

4. Disertasi

Disertasi adalah karya tulis yang diajukan untuk memperoleh gelar Doktor dari perguruan tinggi. Disertasi sering memuat data orisinil yang penting yang belum pernah dimuat dalam dokumen primer lainnya. Isinya dapat merupakan penemuan baru, teori baru, penerapan sebuah teori. Sering kali data yang dimuat dalam sebuah disertasi merupakan data asli yang penting dan belum pernah dimuat dalam dokumen primer lainnya.

5. Paten

Paten merupakan buku pendaftaran sebuah invensi baru atau penerapan baru sebuah gagasan ataupun penjelasan sebuah alat baru. Berdasarkan paten pembaca dapat merunut sejarah invensi serta mamperoleh tinjauan mutakhir dan arah gejala dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

6. Kartu Informasi

Kartu informasi adalah kartu berisi kemajuan penelitian yang sedang dilakukan oleh lembaga. Kartu tersebut dikirimkan ke lembaga lain atau ilmuan agar lembaga atau ilmuan mengetahui hasil kemajuan penelitian. Kartu informasi berukuran sebesar kartu pos. Lazimnya kartu informasi ditandatangani oleh peneliti yang melakukan penelitian disertai tandatangan direktur lembaga penelitian yang bersangkutan.

Jenis literatur primer lainnya

1. Skripsi

Skripsi merupakan karya tulis pada jenjang yang paling awal di perguruan tinggi. Tugas akhir ini bertujuan untuk melatih mahasiswa merumuskan hasil telaah secara sistematik dan logis, atau memperkenalkan metodologi penelitian secara nyata kepada mahasiswa.

2. Tesis

Tesis merupakan karya tulis pada jenjang Magister strata dua (S2), yang lebih tinggi satu tingkat dari sarjana. Tugas akhir ini bertujuan memperluas wawasan mahasiswa dan memperkenalkan mereka pada metodologi dan pelaksanaan penelitian lanjutan.

3. Prosiding

Prosiding disebut juga makalah/makalah kerja atau konferensi adalah makalah yang diajukan dalam konferensi nasional atau internasional, symposium, seminar serta berbagai pertemuan sejenis (misalnya colloquium, lokakarya) sering kali makalah yang telah dibahas dalam sebuah seminar kemudian dikumpulkan, lalu diterbitkan oleh organisasi ilmiah atau penerbit swasta.

Referensi

Kosam Rimbarawa. Dasar-Dasar Organisasi Informasi, (Jakarta: Hakaeser, 2004), hal.4

Sulistyo Basuki. Pengantar Dokumentasi, (Bandung: Rekayasa Sains, 2004), hal. 28