Widget HTML #1

Pengertian kota serta Kriteria dan ciri-ciri

Seputar Pengertian - Kota merupakan sebuah sistem yaitu sistem terbuka, baik secara fisik maupun sosial ekonomi, bersifat tidak statis dan dinamis atau bersifat sementara. Dalam perkembangannya, kota sulit untuk dikontrol dan sewaktu-waktu dapat menjadi tidak beraturan. Kota merupakan suatu wilayah berkembangnya kegiatan sisial, budaya dan ekonomi perkotaan yang tidak berstatus sebagai kota administratif atau kotamadya. Aktifitas dan perkembangan kota mempunyai pengaruh terhadap lingkungan fisik. Berikut adalah penjelasan tentang pengertian kota. Kriteria kota dan ciri-ciri kota.

Definisi Kota

Secara umum kota merupakan tempat bermukimnya warga, tempat bekerja, tempat kegiatane konomi, pusat pemerintahan dan pusat kegiatan lainnya yang telah mengalami banyak kemajuan pembangunan (Wardiyatmoko,1996:15).

Menurut Prof. Dr. Ir. Zoe’raini Djamal Irwan, M.Si, tantangan lingkungan & lansekap kota (2004 ; 31). Pengrtian kota sebagai berikut:

  1. Suatu areal dimana terdapat atau menjadi pemusatan penduduk dengan kegiatannya dan merupakan tempat konsentrasi penduduk dan pusat aktivitas perekonomian (seperti industri, perdagangan dan jasa)
  2. Kota merupakan sebuah sistem, baik secara fisik maupun sosial ekonomi, bersifat tidak statis yang sewaktu-waktu dapat menjadi tidak beraturan dan susah dikontrol.
  3. Mempunyai pengaruh terhadap lingkungan fisik seperti iklim dan sejauh mana pengaruh itu sangat tergantung kepada perencanaannya.

 

Menurut Bintarto dari segi geografi, kota dapat diartikan sebagai suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan coraknya yang materilistis, atau dapat pula diartikan sebagai bentang-bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan non alami dengan corak kehidupan yang bersifat heterogen dan materialistis dibandingkan dengan daerah belakangnya (Bintarto,1989:36).

Kriteria Kota

Menurut Jorge E. Hardoy dalam bukunya asal usul kebudayaan pemukiman ; 22, menggunakan 10 kriteria secara lebih spesifik untuk merumuskan kota :

  1. Ukuran dan jumlah penduduknya yang besar terhadap massa dan tempat
  2. Bersifat permanen
  3. Kepadatan minimum terhadap massa dan tempat
  4. Struktur dan tata ruang perkotaan seperti yang ditunjukan oleh jalur jalan dan ruang-ruang perkotaan yang nyata
  5. Tempat dimana masyarakat tinggal dan bekerja
  6. Fungsi kota minimum yang diperinci, yang meliputi sebuah pasar, sebuah pusat administratif dan pemerintahan, sebuah pusat militer, sebuah pusat keagamaan, atau sebuah pusat aktivitas intelektual bersama dengan kelembagaan yang sama
  7. Heterogenitas dan perbedaan yang bersifat hirarkis pada masyarakat
  8. Pusat ekonomi perkotaan yang menghubungkan sebuah daerah pertanian di tepi kota dan memproses bahan mentah untuk pemasaran yang lebih luas
  9. Pusat pelayanan bagi daerah-daerah lingkungan setempat
  10. Pusat penyebaran, memiliki suatu falsafah hidup perkotaan pada massa dan tempat itu


Ciri-ciri Kota

Menentukan suatu wilayah merupakan wilayah kota atau bukan,maka dapat digunakan beberapa ciri berikut ini:

  1. Tempat-tempat untuk pasar dan pertokoan Pasar yang merupakan salah satu pusat aktivitas penduduk diperkotaan. Pasar dan pertokoan dikota-kota besar masuk dalam wilayah pusat bersama dengan gedung perkantoran, bioskop, bank, dll.
  2. Tempat-tempat untuk parkir merupakan ciri lainnya dari kota
  3. Tempat rekreasi dan olahraga Tempat rekreasi dan olah raga merupakan kebutuhan bagi masyarakat, terutama masyarakat kota.


Dikutip dari berbagai sumber