Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti aturan ini jika anda ingin terhindar dari CORONA (COVID-19)

Ikuti aturan ini jika anda ingin terhindar dari CORONA (COVID-19). Apa sih Virus Corona itu? Corona Virus tidak lain dan tidak bukan adalah sejenis JAMUR/MOULD yang sangat mudah dikembangbiakan dalam skala laboratorium, dengan temperatur/suhu tertentu. Hanya dengan menggunakan peralatan lab sederhana (cawan petri dan medium agar-agar sebagai sarana pengembang biak), maka JAMUR/MOULD akan beranak pinak dengan sendirinya. Masa inkubasi mikro organisme tersebut, ada yang 1 minggu, 2 minggu, bisa juga 1 bulan...Semua tergantung pada medium yang disediakan.

Ikuti aturan ini jika anda ingin terhindar dari CORONA (COVID-19)


Rasulullah pernah mengajarkan cara menghadapi wabah penyakit dalam hadis yang diriwayatkan Abdurrahman bin Auf.
“Apabila kamu mendengar wabah berjangkit di suatu negeri, maka janganlah kamu datangi negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, janganlah kamu keluar dari negeri itu karena hendak melarikan diri darinya” (HR. Muslim)

INFORMASI PENTING dari UNICEF (PBB)

  1. Corona merupakan virus berukuran besar. Diameter virus ini 400-500 micro, sehingga masker jenis apa pun dapat mencegah masuknya ke tubuh kita dan tidak perlu menggunakan masker yang mahal.
  2. Virus corona tidak melayang di udara, tapi menempel pada benda, sehingga penularannya tidak melalui udara.
  3. Apabila menempel di permukaan logam, virus corona dapat hidup selama 12 jam. Mencuci tangan dengan sabun dan air sudah cukup.
  4. Apabila menempel di kain, virus corona dapat hidup selama 9 jam, sehingga mencuci pakaian atau menjemurnya di bawah sinar matahari selama 2 jam sudah cukup untuk membunuhnya.
  5. Apabila menempel di tangan, virus corona dapat hidup selama 10 menit, sehingga menyediakan sterilizer berbahan dasar alkohol cukup untuk berjaga-jaga.
  6. Apabila berada di udara bersuhu 26-27 °C, virus corona akan mati sehinga tidak hidup di daerah panas. Di samping itu, minum air panas dan berjemur di bawah sinar matahari sudah cukup sebagai pencegahan. Menghindari makanan dan minuman dingin termasuk ice cream sangat penting.
  7. Berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam akan membunuh virus corona di sekitar anak tekak (telak - Jw.) dan mencegahnya masuk kedalam paru-paru.

Protokol isolasi mandiri dari kementerian kesehatan RI

  1. Selalu memakai masker dan membuang masker ditempat yang telah ditentukan
  2. Apabila menalami sakit (gejala demam, flu dan batuk) maka tetap dirumah jangan pergi bekerja, sekolah, pasar atau keruang publik untuk mencegah penularan masyarakat
  3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik, beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau contak dengan pasien COVID-19
  4. Selama dirumah anda dapat bekerja dari rumah gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainya dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga
  5. Lakukan pengecekan suhu harian amati batuk dan sesak nafas hindari pemakaian bersama peralatan makan, mandi dan tempat tidur.
  6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih serta konsumsi makanan bergizi mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta lakukan etika batuk dan bersin
  7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan selalu berada diruang terbuka dan berjemur dibawah sinar matahari setiap pagi kurang lebih 15 sampai 30 menit
  8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan apabila sakit berlajut seperti sesak nafas dan demam tinggi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Hal yang harus dilakukan apabila anda dari keramaian

  1. Buka masker, kemudian masukan kedalam plastik dan setelah itu buang kedalam tempat sampah
  2. Jagan sentuh apapun dan jangan bersandar
  3. Mintalah anggota keluarga untuk membukakan pintu dan usahakan jaga jarak jangan sampai menyentuh mereka
  4. Segera cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun kira-kira sekitar 20 detik atau lebih agar lebih bersih
  5. Lepas pakaian kemudian rendam dengan air detergen / sabun cuci
  6. Langsung mandi dan keramas menggunakan sabun dan shampo.

Dikutip dari berbagai sumber semoga bermanfaat