Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pidato Serta Tujuan Dan Jenisnya

Seputar Pengertian - Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kata Pidato. Dimana Berpidato merupakan suatu kegiatan menyampaikan gagasan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek nonkebahasaan (ekspresi wajah, kontak pandang, gerak tangan dan lain-lain) yang dapat mendukung efisiensi dan efektifitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak dalam suatu acara tertentu. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Pidato. Tujuan Dan JenisJenis Pidato.

Pengertian Pidato Serta Tujuan Dan Jenisnya

Definisi Pidato

Dikutip dari wikipedia yang dimaksud Pidato adalah merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Menurut Syam,2006:7 Pengertian Pidato adalah teknik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikasi tersebut

Menurut (KBBI, 1990: 681) Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Tujuan Pidato

  1. Menyampaikan informasi (informative) yaitu pidato yang bertujuan memberikan laporan atau pengetahuan atau sesuatu yang menarik untuk pendengar.
  2. Meyakinkan dan mempengaruhi sikap pendengar (persuasive) yaitu pidato yang berisi tentang usaha untuk mendorong, meyakinkan dan mengajak pendengar untuk melakukan suatu hal.
  3. Menghibur pendengar (rekreatif) yaitu pidato yang bertujuan untuk menghibur atau menyenangkan pendengar.
  4. Menekankan aspek-aspek pendidikan (educative) yaitu pidato yang berupaya menekankan pada aspek-aspek pendidikan.

Jenis-Jenis Pidato

  1. Pidato pembukaan,yaitu pidato singkat yang dibawakan oleh pembawa acara atau MC (master of ceremony) dalam sebuah acara, seperti acara pernikahan, ulang tahun.
  2. Pidato pengarahan,yaitu pidato yang dilakukan oleh seseorang pada suatu pertemuan resmi yang berfungsi untuk memberi pengarahan dalam melakukan sesuatu, seperti pidato dekan dalam mengarahkan acara KKN mahasiswa.
  3. Pidato sambutan,yaitu pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian, seperti pidato pada acara perpisahan sekolah.
  4. Pidato peresmian,yaitu pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu, seperti pidato peresmian gedung baru oleh rektor.
  5. Pidato laporan,yaitu pidato yang berisilaporan suatu tugas atau kegiatanyang telah selesai dilaksanakan, seperti pidato laporan ketua kelompok KKN mengenai kegiatan-kegiatan KKN yang dilakukan di desa.
  6. Pidato pertanggungjawaban,yaitu pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban, seperti pidato pertanggungjawaban ketua koperasi pada rapat akhir tahun.

Referensi
http://organisasi.org/pengertian-pidato-tujuan-sifat-metode-susunan-dan-persiapan-pidato-sambutan