Widget HTML #1

Pengertian JQuery serta Keunggulannya

Pengertian JQuery serta Keunggulannya. Nah Perlu diketahui bahwa kini semakin banyak website yang menyajikan sesuatu yang interaktif dan menarik sehingga pengguna internet lebih nyaman. Salah satu pengembangan yang cukup signifikan dalam mendukung sebuah website yang modern yaitu JQuery.
Pengertian JQuery serta Keunggulannya

JQuery pertama kali dirilis pada tahun 2006 oleh John Resig. Dan kini jQuery telah digunakan oleh beberapa situs yang canggih nan terkenal seperti: Google, Facebook, Twitter, Youtube, Nokia dan masih banyak lagi.

Definisi JQuery

JQuery adalah merupakan sebuah Javascript Library atau disebut juga perpustakaan dan kumpulan code/listing Javascript yang siap pakai. Dalam artian sederhana, JQuery dapat digunkan untuk meringkas sebuah listing Javascript yang panjang dalam sebuah projek pembuatan website, sehingga akan memberikan kemudahan dalam menghadapai bagian yang mengandung Javascript. JQuery merupakan program yang berjalan pada sisi server dan akan ditampilkan pada web browser. JQuery dapat berjalan di dalam HTML, atau bahasa pemrograman berbasis web lainnya seperti PHP atau JSP.

Keunggulan Menggunakan JQuery

  1. Kompatibel dengan hampir seluruh browser
  2. JQuery telah digunakan oleh website-website raksasa
  3. Kompatibel dengan seluruh versi CSS (dari CSS 1 sampai CSS 3)
  4. Dokumentasi dan tutorialnya lengkap, bisa langsung dilihat di ‘http://jquery.com’
  5. Didukung oleh banyak komunitas
  6. Disupport oleh plugin yang lengkap
  7. Filenya hanya satu dan ukurannya relatif kecil, sekitar 20kb
  8. Open source atau Free
  9. JQuery lebih diminati oleh para developer web saat ini

Referensi
http://adhiecenter.blogspot.com/2011/03/pengertian-jquery.html