Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pramusaji Serta Fungsi Dan Kriterianya

DuniaPengertian.Com - Pengertian Pramusaji Serta Fungsi Dan Kriterianya. Pramusaji merupakan orang yang bertugas atau bekerja di bidang penyajian makanan dan minuman. istilah pramusaji dimaksudkan sebagai pengganti perkataan waiter / waitress dari bahasa inggris. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Pramusaji, fungsi dan Kriteria Pramusaji.


Pengertian Pramusaji Serta Fungsi Dan Kriterianya

Definisi Pramusaji

Menurut Sugiarto (1996), Pramusaji adalah karyawan restoran atau room service yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan pelayanan akan kebutuhan makan dan minum bagi tamu hotel Dan restaurant.

Definisi pramusaji secara umum adalah seseorang karyawan/karyawati di dalam sebuah restoran yang bertugas menunggu tamu-tamu, membuat tamu merasa mendapat sambutan dengan baik dan nyaman, mengambil pesanan makanan dan minuman serta menyajikan, juga membersihkan restoran dan lingkungannya serta mempersiapkan meja makan (table setting) untuk tamu berikutnya, (Marsum 2001 : 90).

Baca Juga : Pengertian Restoran Serta Tujuan Dan Jenisnya

Pramusaji merupakan fungsi atau jabatan yang terdapat di berbagai bagian penjualan makan minum F & B Departement seperti restoran ,room service, banquet dan bar. Karyawan Food and Beverage service operationter utama pramusaji sebagai ujung tombak pelayanan harus bersifat cooperative dan conscientious, yang artinya selalu mengutamakan kerja sama serta memiliki sifat yang teliti.

Fungsi Pramusaji

1. Sebagai pemandu selera. Pramusaji menuntun tamu untuk mendapatkan kembali selera makannya. Karena kadang kala ada tamu yang bingung akan makanan dan minuman yang akan dipesannya.maka dalam hal ini,tugas pramusajilah yang menawarkannya.


2. Sebagai penyaji hidangan Pramusaji dituntut untuk melayani penyajian makanan dan minuman kepada para tamu,sesuai dengan standarisasi yang dimiliki oleh hotel itu sendiri. Yang dapat membuat tamu merasa puas dan nyaman terhadap pelayanan itu.

3. Sebagai duta perusahaan. Pramusaji dalam hal ini mewakili perusahaan untuk menerima, melayani dan memberikan perhatiannya kepada para tamu yang datang. Reputasi perusahaan sangat didukung oleh pramusaji yang telah memiliki sikap dan kepribadian yang baik sehingga secara keseluruhan pramusaji merupakan duta dari perusahaan itu.

4. Sebagai seorang wiraniaga Pramusaji selalu menjaga kekayaan perusahaan, efisien dan efektif. pramusaji juga harus bisa memperhatikan pelangga nnya dan mendatangkan langganan baru bagi perusahaan itu.

Kriteria Pramusaji

  • Mempunyai kesadaran sosial yang tinggi
  • Mempunyai sifat kebiasan yang baik
  • Bisa berkomunikasi secara efektif dengan para tamu
  • Mempunyai pribadi yang menyenangkan, ramah dan sopan
  • Berjiwa pedagang ulung
  • Selalu bersedia untuk melayani tamu, sebagainya