Widget HTML #1

Pengertian Kerjasama Serta Prinsip, Faktor Penghambat Dan Pendukung

Pengertian Kerjasama Serta Prinsip, Faktor Penghambat Dan Pendukung. Kerjasama dapat menghilangkan hambatan mental akibat terbatasnya pengalaman dan cara pandang yang sempit. Jadi akan lebih mungkin menemukan kekuatan dan kelemahan diri, belajar untuk menghargai orang lain, mendengarkan dengan pikiran terbuka, dan membangun persetujuan kerjasama. Dengan bekerjasama kelompok kecil akan mampu mengatasi berbagai bentuk rintangan, bertindak mandiri dan dengan penuh rasa tanggunng jawab, mengandalkan bakat atau pemikiran setiap anggota kelompok, mempercayai orang lain, mengeluarkan pendapat dan mengambil keputusan. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian kerjasama, Prinsip-prinsip Kerjasama serta Faktor penghambat dalam kerjasama Dan Faktor pendukung dalam kerjasama

Definisi Kerja sama

Menurut Abdulsyani, kerjasama adalah suatu bentuk proses sosial,dimana didalamnya terdapat aktivitas tertentu yang ditunjukkan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami aktivitas masing-masing.
Menurut W.J.S. Purwadarminta Kerjasama juga diartikan sebagai kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Lewis Thomas dan Elaine B. Johnson ( 2014, h. 164) kerjasama adalah pengelompokan yang terjadi di antara makhluk-makhluk hidup yang kita kenal. Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkanuntuk mencapai suatu hasil mufakat. Ruangkelas suatu tempat yang sangat baik untuk membangun kemampuan kelompok (tim), yang anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.

Menurut Robert L. Clistrap dalam Roestiyah (2008, h. 15) menyatakan “Kerjasama adalah merupakan suatu kegiatan dalam berkelompok untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas secara bersama-sama”, dalam kerjasama ini biasanya terjadi interaksi antar anggota kelompok dan mempunyai tujuan yang sama untuk dapat dicapai bersama-sama.

Prinsip-prinsip Kerjasama


  • Berorientasi pada tercapainya tujuan yang baik
  • Memperhatiakan kepentingan bersama
  • Prinsip saling menguntungkan

Faktor penghambat dalam kerjasama

  • Identifikasi pribadi anggota tim Sudah merupakan hal yang alamiah bila seseorang ingin tahu apakah mereka cocok disuatu organisasi, termasuk di dalam suatu tim. Orang menghawatirkan hal-hal seperti kemungkinan menjadi outseder, pergaulan dengan anggota lainnya,faktor pengaruh dan saling percaya antar tim .
  • Hubungan antar anggota tim Agar setiap anggota dapat bekerjasama, mereka saling mengenal dan berhubungan. Untuk itu dibutuhkan waktu bagi anggota nya untuk saling bekerjasama.
  • Identitas tim di dalam organisasi. Faktor ini terdiri dari dua aspek: yang pertama kesesuaian atau kecocokan tim di dalam organisasi dan Kedua pengaruh keanggotaan tim tertentu terhadap hubungan dengan anggota.

Faktor pendukung dalam kerjasama

  • Saling ketergantungan. diperlukan di antara paranggota tim dalam hal iniinformasi, sumber daya, pelaksanaan tugas dan dukungan. Adanya ketergantungan dapat memperkuat kebersamaan tim
  • Perluasan tugas Setiap tim harus diberi tantangaaan, karena reaksi atau tanggapan tantangan tersebut akan membantu semangat persatuan, kebanggaan dan kesatuan tim.
  • Bahasa yang umum Setiap tim harus menguasai bahasa yang umum dan mudah di mengerti.
  • Penjajaran Anggota tim harus bersedia menyisihkan sikap individualismenya dalam rangka mencapai rangka misibersama.
  • Keterampilan menangani konfrontasi atau konflik Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Oleh karna itu dibutuhkan keterampilan dalam penerimaan perbedaan pendapat dan menyampaikan ketidaksetujuan terhadap pendapat orang lain tanpa harus menyakiti orang lain.

Referensi
Abdulsyani,Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan, Jakarta:Bumi Aksara,1994 h
W.J.S. Purwadarminta,Kamus Umum Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka,1985.h.