Widget HTML #1

Pengertian Exit Poll Serta Fungsinya

Exit Poll sebaiknya dilakukan oleh organisasi yang kredibel, independen, memiliki sumber daya memadai dan didukung teknologi komunikasi serta akses informasi yang luas. 

Exit poll membutuhkan keahlian khusus, oleh karena itu memerlukan penyelenggara yang mengikuti dinamika politik nasional dan mampu mengorganisir masyarakat secara nasional. Penyelenggara harus memiliki orang yang memahami kemampuan di bidang teknologi komunikasi. Di Indonesia lembaga yang telah melakukan exit poll diantaranya adalah Litbang Kompas, Lembaga Survei Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia, Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Definisi Exit poll

Pengertian Exit poll secara umum adalah metode mengetahui opini publik yang dilakukan sesaat setelah keluar dari bilik suara (LSI 2004).

Dikutip dari wikipedia Exit poll adalah merupakan salah satu metode yang digunakan media untuk memprediksi siapakah yang akan memenangkan pemilihan umum. Meskipun demikian, tidak semua negara menggunakan exit poll sebagai salah satu cara untuk memprediksi pemenang pemilihan umum. Salah satu negara yang menggunakan exit poll adalah Britania Raya terutama dalam pemilihan umum parlemen. Hal ini disebabkan exit poll dianggap lebih stabil untuk memprediksi siapa yang akan menjadi pemenang. Selain itu, exit poll dianggap mewakili hasil akhir dari pikiran para pemilih setelah keluar dari tempat pemungutan suara (TPS) dan memiliki selisih (margin of error) yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jajak pendapat karena kemungkinan adanya fluktuasi hasil pada masa kampanye dan masa pemilihan umum.

Exit Poll adalah survey yang dilakukan terhadap pemilih. Exit Poll memiliki 3 fungsi sekaligus.

Fungsi Exit Poll

  1. Memprediksi perolehan suara dalam pemilu,
  2. Mampu memetakan pola dukungan pemilih terhadap partai, capres maupun isu nya, serta
  3. Mampu memberikan kontribusi yang luas bagi kebutuhan penelitian akademis.
Exit Poll dilakukan pada saat proses pemilihan di TPS masih berlangsung dan begitu penghitungan di TPS hendak dilakukan, Exit Poll sudah selesai dilakukan.
.