Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Etika Pemerintahan serta Indikator Dan Nilai Keutamaan

Pengertian Etika Pemerintahan serta Indikator Dan Nilai Keutamaan. Etika pemerintahan dalam penyelenggaraan pemerintahan merupakan satu hal yang harus dipahami dan dipedomani oleh pemimpin pemerintahan. Etika Pemerintahan merupakan ajaran untuk berperilaku yang baik dan benar sesuai dengan nilai-nilai keutamaan yang berhubungan dengan hakikat manusia. Dalam etika pemerintahan selalu terkait dengan pertanyaan: Apakah yang sebaiknya (sesuatu yang baik dan benar) yang saya lakukan?. Etika Pemerintahan terdapat juga masalah kesusilaan dan kesopanan ini dalam aparat, aparatur, struktur dan lembaganya.

Definisi Etika Pemerintahan   

Menurut sumaryadi (2010) menyatakan bahwa etika pemerintahan mengacu pada kode etik profesional khusus bagi mereka yang bekerja dan untuk pemerintahan. Etika pemerintahan melibatkan aturan dan pedoman tentang panduan bersikap dan berperilaku utuk sejumlah kelompok yang berbeda dalam lembaga pemerintahan, termasuk para pemimpin terpilih.

Menurut Maryani dan ludigdo (2002: 31), Etika Pemerintahan merupakan seperangkat aturan, norma atau pedoman yang mengatur prilaku manusia, baik yang harus dilakukan manusia dan yang harus ditinggalkan manusia. Baik yang dianut sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi.

Menurut Ahmad (2007:67), Etika Pemerintahan memiliki arti ilmu pengetahuan yang menjelaskan baik atau buruk, menerangkan apa yg harus dilakukan oleh manusia, menyatakan tujuan yang harus dicapai oleh manusia dalam perbuatan dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat oleh manusia.

Menurut Fathoni (2002:164),Etika Pemerintahan adalah teori tentang tingkah laku, perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan segi buruk sejauh mana yang dapat ditentukan oleh akal sehat manusia.

Secara Umum etika pemerintahan adalah sebagai pedoman berupa aturan-aturan yang berlaku untuk manusia dalam ilmu pengetahuan yang menjelaskan baik atau buruk perbuatan manusia serta sebagai pedoman manusia dalam pekerjaan agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan mendasar dalam ilmu pengetahuan.

Indikator Etika Pemerintahan

  • Utilitarian Approach yaitu setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensi nya. Oleh karena itu dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
  • Individual Rights Approach yaitu tindakan ataupun tingkah laku seseorangharus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan aturan-aturan yang berlaku.
  • Justice Approach yaitu para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan baik terhadap masyarakat.

Nilai Keutamaan Etika Pemerintahan

  • Penghormatan terhadap hidup manusia dan HAM lainnya'
  • Kejujuran baik terhadap diri sendiri maupun terhadapmanusia lainnYa (honestY)'
  • Keadilan dan kepantasan merupakan sikap yang terutamaharus diperlakukan terhadap orang lain.
  • Kekuatan moralitas, ketabahan serta berani karena benarterhadap godaan (fortitud e).
  • Kesederhanaan dan pengendalian diri (temperance)'
  • Nilai-nilai agama dan sosial budaya termasuk nilai agamaagar manusia harus bertindak secara profesional dan bekerja keras.

Referensi
Dr. Drs. Ismail Nurdin, M.Si Etika Pemerintahan