Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian BIG DATA

Pengertian Big Data. Big Data merupakan sebuah sistem teknologi yang diperkenalkan untuk menanggulangi 'ledakan informasi' seiring dengan semakin bertumbuhnya ekosistem pengguna perangkat mobile dan data internet. Pertumbuhan perangkat mobile dan data internet ternyata sangat mempengaruhi perkembangan volume dan jenis data yang terus meningkat secara signifikan di dunia maya.

Big Data merupakan istilah data elektronik yang tidak hanya sangat besar melainkan juga sangat cepat berubah dengan berbagai banyak jenisnya. Di jagad teknologi, Big Data menjadi sangat popular setelah miliaran manusia menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Begitu banyak data yang bisa diakses dan tersimpan di computer-komputer di internet dapat berupa teks, gambar, suara, video, animasi, blog, buku, cuaca, posisi tempat di bumi , suhu, penerbangan, belanja di supermarket dll. Perusahaan “Super Big” penggunaan Big Data, antara lain Facebook, Google, Twitter dan Yahoo dll.

Definisi Big Data

Secara umum Big Data adalah merupakan sebuah kumpulan data yang berukuran sangat besar (volume), sangat cepat berubah/bertumbuh (velocity), hadir dalam beragam bentuk/format (variety), serta memiliki nilai tertentu (value), dengan catatan jika berasal dari sumber yang akurat.

Berdasarkan pendekatan dari bidang ilmu teknologi informasi, dapat disampaikan empat isu besar yang menyertai perkembangan dan pengelolaan big data, yaitu:
  • Infrastruktur jaringan komputer;
  • Normalisasi (penyamaan) persepsi terhadap data (data science);
  • Big data sebagai fondasi untuk collaborative intelligence; dan
  • Perlunya kesaradaran akan nilai informasi yang mengiringi citra diri seseorang, sebuah organisasi ataupun institusi. Keywords — big data, temu balik informasi, penyaringan data, data science.

Mengacu kepada kajian mengenai big data dan beberapa riset yang telah atau sedang dilakukan, beberapa hal yang dapat disampaikan sebagai kesimpulan adalah:
  • Pemanfaatan big data sangat memerlukan infrastruktur Internet yang mumpuni sehingga dapat menjamin bahwa data-data dalam jumlah besar dapat diakses secara kontinu.
  • Dengan begitu banyak dan bervariasinya data yang 'tersedia' (baik disadari maupun tidak disadari) secara online, menyebabkan dimungkinkannya pengolahan informasi yang tepat guna sesuai kebutuhan. Untuk hal ini tentu saja diperlukan adanya pemodelan data (data science) yang mumpuni.
  • Dengan tersedianya berbagai komunitas yang aktif didunia maya, sangat dimungkinkan adanya kolaborasi antara berbagai bidang ilmu.
  • Perlunya menumbuhkan kesadaran akan nilai data yang di-posting dalam dunia maya. Meskipun data sangat tersebar (sparse) dalam berbagai sumber, namun dengan kehadiran SE menjadi sangat mudah diperoleh. Melalui teknik pengolahan informasi yang 'tepat' data-data tersebut dapat menjadi hal yang positif ataupun negatif.