Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Keadilan Organisasi Serta Aspek-Aspeknya

Pengertian Keadilan Organisasi Serta Aspek-Aspeknya. Karyawan menggunakan istilah keadilan organisasi untuk menggambarkan suatu keadilan yang berlangsung di lingkungan organisasi. Yang mana Keadilan organisasi menekankan kepada keputusan manajer, persamaan yang dirasakan, efek keadilan dan hubungan antara individu dengan lingkungan kerjanya serta menggambarkan persepsi individu mengenai keadilan di tempat kerja. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian keadilan organisasi

Definisi Keadilan Organisasi

Menurut Greenberg (2010:201) keadilan organisasi adalah persepsi masyarakat tentang keadilan dalam organisasi, yang terdiri dari persepsi tentang bagaimana keputusan dibuat mengenai distribusi hasil (keadilan prosedural) dan keadilan yang dirasakan orang-orang hasil-hasil itu sendiri (seperti yang dipelajari dalam equity theory).

Menurut Kreitner dan Kinicki (2010:221) dalam bukunya yang berjudul Organizational Behavior, keadilan organisasional mencerminkan sejauh mana karyawan melihat bagaimana mereka diperlakukan secara adil di tempat kerja. Dapat identifikasi dari tiga komponen yang berbeda dari keadilan organisasi antara lain keadilan distibutif, keadilan prosedural dan keadilan interaksional.

Menurut Laghari dan Memon (2015) berpendapat bahwa keadilan organisasi menjadi elemen utama yang berfokus pada keadilan yang terjadi di tempat kerja dan kepuasan yang dirasakan oleh karyawan. Sehingga keadilan organisasi didasari oleh bagaimana setiap karyawan menilai sikap dan perilaku karyawan lain dan bagaimana perilaku organisasi terhadap mereka.

Menurut Ivancevich et al (2011:136), keadilan organisasional merupakan penelitian ilmu organisasi yang berfokus pada persepsi dan penilaian oleh karyawan mengenai kewajaran prosedur dasar dan keputusan organisasi mereka. Inti keadilan adalah bahwa karyawan membandingkan usaha dan penghargaan yang mereka terima dengan orang lain dalam situasi kerja yang serupa.

Aspek Keadilan Organisasi

  • Keadilan Prosedural. Terkait dengan organisasi, misalnya komitmen organisasi dan prosedur formal yang ada di organisasi. Keadilan prosedural dianggap sebagai nilai untuk membandingkan proses yang dialami seseorang dengan beberapa peraturan yang telah digeneralisasikan.
  • Keadilan distributif merupakan keadilan dari sebuah distribusi dimana semua pihak mendapatkan hasil atau pembagian yang sama. keadilan distributif dapat diartikan sebagai penilaian karyawan terhadap kesesuaian imbalan atau kompensasi yang diterima dari organisasi sudah sesuai dan dianggap wajar.
  • Keadilan interaksional merupakan persepsi rasa hormat, sopan santun, bermartabat yang dirasakan oleh karyawan terhadap perlakuan seorang atasan dalam mengambil sebuah keputusan kepada karyawannya. Keadilan interaksional berkaitan dengan bagaimana kewajaran perlakuan interpersonal yang dirasakan oleh karyawan dalam pengambilan keputusan didalam organisasi