Widget HTML #1

Pengertian FIFO (First In First Out) Serta Keunggulan Dan Kelemahanya

Pengertian FIFO (First In First Out) Serta Keunggulan Dan Kelemahanya. Metode FIFO merupakan metode dimana barang pertama yang masuk berarti barang tersebutlah yang pertama keluar. Dengan metode FIFO, biaya persediaan dihitung berdasarkan asumsi bahwa barang akan dijual atau dipakai sendiri dan sisa dalam persediaan menunjukkan pembelian atau produksi yang terakhir. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Metode FIFO (First In First Out) Dan Bagian Dari Metode FIFO (First In First Out) serta Kelemahan Dan Keunggulannya.

Definisi FIFO (First In First Out)

Menurut Jusup (2005 : 120) Metode FIFO atau masuk pertama keluar pertama mengasumsikan bahwa barang yang dibeli awal dianggap akan lebih awal dijual atau digunakan, dan harga pokok perolehan barang yang dibeli lebih awal akan dibebankan lebih dahulu sebagai harga pokok penjualan. Pada pencatatan secara fisik, metode ini beranggapan bahwa barang yang ada paling awal dianggap dijual paling awal juga. Perbedaannya adalah dalam pencatatan secara perpetual dengan metode FIFO (First In First Out), perhitungan harga pokok yang dijual dilakukan pada saat terjadi penjualan.

Menurut Mulyadi First-in, First-Out method (FIFO) adalah metode penilian yang menganggap barang yang pertama kali masuk diasumsikan keluar pertama kali pula. Jika barang dikeluarkan dari gudang maka akan dihargai sebesar harga perolehan yang pertama. Metode ini sejalan dengan alur arus fisik dimana sudah sepantasnya barang yang pertama kali mauk dikeluarkan pertama kali dahulu.

Metode FIFO terdiri atas dua bagian

  • Sistem Periodik. Menurut sistem FIFO berdasarkan metode Periodik, nilai persediaan akhir ditentukan dengan cara saldo periodik yang ada dikalikan dengan harga pokok perunit barang yang terakhir kali masuk. Bila saldo periodic ternyata lebih besar dari unit terakhir masuk, sisanya dipergunakan harga pokok perunit yang masuk sebelumnya.
  • Sistem Perpetual. Apabila digunakan metode buku maka setiap jenis persediaan akan dibuatkan kartu persediaan yang terdiri dari beberapa kolom yang digunakan untuk mencatat mutasi persediaan.
Apabila menggunakan metode FIFO, walaupun sistem pencatatannya berbeda (perpetual dan periodic), nilai persediaan akhir dan harga pokok penjualan pada akhir periode akan sama jumlahnya.

Keunggulan FIFO (First In First Out)

Keunggulannya adalah persediaan akhir mendekati harga pokok berjalan atau sekarang, karena barang yang masuk pertama merupakan barang yang pertama keluar, jumlah persediaan akhir terdiri dari pembelian yang paling baru. Ini khususnya benar apabila perputaran persediaan sangat cepat.

Kelemahan FIFO (First In First Out)

Sedangkan kelemahannya adalah harga pokok berjalan tidak sesuai dengan pendapatan yang berjalan pada laba rugi. Harga pokok yang paling lama dibebankan pada harga pokok yang lebih baru, yang menyebabkan menghasilkan harga pokok dan laba semu.
.