Widget HTML #1

Seputar Pengertian Etnografi

Duniapengertian.com - Apa yang dimaksud dengan Pengertian Etnografi. Etnografi digunakan untuk meneliti perilaku-perilaku manusia berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam setting sosial dan budaya tertentu. Etnografi mula-mula dilakukan untuk membangun tingkat-tingkat perkembangan evolusi budaya manusia dari masa manusia mulai muncul dipermukaan bumi sampai ke masa terkini. Etnografi, yang akarnya adalah ilmu antropologi pada dasarnya adalah kegiatan penelitian untuk memahami cara orang-orang berinteraksi dan bekerjasama melalui fenomena teramati kehidupan sehari-hari. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Etnografi.

Seputar Pengertian Etnografi

Definisi Etnografi

Istilah etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphy yang berarti tulisan. Jadi, pengertian etnografi adalah deskripsi tentang bangsa-bangsa. Beberapa pendapat ahli antropologi mengenai pengertian etnografi antara lain dikemukakan oleh Spradley (2007), Spindler (1974) dan Koentjaraningrat (1990).

Secara harafiah, etnografi berarti tulisan atau laporan tentang suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang antropolog atas hasil penelitian lapangan (field work) selama sekian bulan atau sekian tahun.

Seperti dikutip dari wikipedia Etnografi juga dikenal sebagai bagian dari ilmu sejarah yang mempelajari masyarakat, kelompok etnis dan formasi etnis lainnya, etnogenesis, komposisi, perpindahan tempat tinggal, karakteristik kesejahteraan sosial, juga budaya material dan spiritual mereka. Etnografi sering diterapkan untuk mengumpulkan data empiris tentang masyarakat dan budaya manusia. Pengumpulan data biasanya dilakukan melalui pengamatan partisipan, wawancara, kuesioner, dll. Ilmu ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan masyarakat yang dipelajari (misalnya untuk menjelaskan seseorang, sebuah ethnos) melalui tulisan. Dalam biologi, jenis studi ini disebut "studi lapangan" atau "laporan kasus", keduanya digunakan sebagai sinonim umum untuk "etnografi".

Menurut Spradley (2007) etnografi adalah kegiatan menguraikan dan menjelaskan suatu kebudayaan.

Menurut Spindler (1999) etnografi adalah kegiatan antropologi di lapangan.

Menurut Koentjaraningrat (1990) mengatakan bahwa isi karangan etnografi adalah suatu deskripsi mengenai kebudayaan suatu suku bangsa.

Mengacu pada pengertian-pengertian etnografi dari para ahli di atas, maka dapat disimpulkan:
  1. Etnografi pada dasarnya adalah suatu penggambaran secara utuh mengenai kebudayaan suku bangsa melalui suatu penelitian lapangan yang mendalam, dan;
  2. Etnografi adalah suatu metode penelitian kebudayaan.