Widget HTML #1

Pengertian Gaya Magnet

Pengertian Gaya Magnet. Gaya magnet yang paling kuat terletak pada kutub utara dan selatan Sama Halnya dengan magnet batang, gaya magnet terkuat berada pada kedua ujungnya/kutub. Nah berikut adalah penjelasan seputar pengertian Gaya Magnet.

Pengertian Gaya Magnet


Definisi Gaya Magnet

Magnet memiliki gaya tarik terhadap benda-benda tertentu. Gaya tarik ini disebut gaya magnet. Gaya magnet merupakan gaya yang ditimbulkan oleh tarikan atau dorongan dari magnet. Contoh gaya magnet adalah, tertariknya paku ketika didekatkan dengan magnet. Gaya magnet dapat menarik benda-benda, yang terbuat dari besi dan baja.

Sifat gaya magnet adalah kekuatan gaya magnet. Gaya magnet mampu menembus penghalang, yaitu benda nonmagnetis, namun hal ini dapat dipengarungi oleh beberapa hal. apabila berbicara mengenai kekuatan gaya magnet, lakukanlah percobaan menjalankan sendok diatas meja dengan sebuah magnet dibawahnya Hal ini membuktikan adanya kekuatan gaya magnet yang bahkan mampu menembus sebuah penghalang. 

Benda-benda dapat tertarik oleh magnet apabila masih berada dalam medan magnet. Di sekitar magnet terdapat medan magnet, yaitu daerah di sekitar magnet dimana gaya magnet masih bekerja. Sebuah benda yang berada di dalam medan magnet akan dipengaruhi medan magnet tersebut sehingga bersifat seperti magnet , oleh karena itu benda tersebut akan tarik menarik dengan magnet. Tidak semua benda yang berada di dalam medan magnet akan dipengaruhi dan ditarik oleh magnet, tetapi hanya benda-benda yang terbuat dari besi dan baja. Gaya magnet banyak dimanfaatkan pada peralatan listrik seperti pada relai telepon, bel listrik, pintu lemari es, dan tutup kotak pensil.

Gaya magnet dapat menembus benda nonmagnetis. Kekutan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh
  1. Ketebalan benda yang menjadi penghalang antara magnet dengan benda magnetis dan
  2. Jarak magnet dengan benda magnetis.