Widget HTML #1

Pengertian Lenong serta Jenisnya

Pengertian Lenong serta Jenisnya. Firman Muntaco, seniman Betawi, mengatakan bahwa lenong berkembang dari proses teaterisasi musik gambang kromong dan sebagai tontonan sudah dikenal sejak tahun 1920-an. Lakon-lakon lenong berkembang dari lawakan-lawakan tanpa plot cerita yang dirangkai-rangkai hingga menjadi pertunjukan semalam suntuk dengan lakon panjang dan utuh. Pada mulanya kesenian ini dipertunjukkan dengan mengamen dari kampung ke kampung. Pertunjukan diadakan di udara terbuka tanpa panggung. Ketika pertunjukan berlangsung, salah seorang aktor atau aktris mengitari penonton sambil meminta sumbangan secara sukarela. 

Definisi Lenong

Pengertian Lenong adalah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Kesenian tradisional ini diiringi musik gambang kromong dengan alat-alat musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa seperti tehyan, kongahyang, dan sukong. Lakon atau skenario lenong umumnya mengandung pesan moral, yaitu menolong yang lemah, membenci kerakusan dan perbuatan tercela. Bahasa yang digunakan dalam lenong adalah bahasa Melayu (atau kini bahasa Indonesia) dialek Betawi.

Jenis Lenong

lenong denes (dari kata denes dalam dialek Betawi yang berarti "dinas" atau "resmi"), aktor dan aktrisnya umumnya mengenakan busana formal dan kisahnya tentang kerajaan atau lingkungan kaum bangsawan. umumnya menggunakan bahasa yang halus. Kisah yang biasa dipertunjukan adalah kisah rakyat yang ditindas oleh tuan tanah dengan pemungutan pajak dan munculnya tokoh pendekar taat beribadah yang membela rakyat dan melawan si tuan tanah jahat.

lenong preman busana yang dikenakan tidak ditentukan oleh sutradara dan umumnya berkisah tentang kehidupan sehari-hari. lenong preman menggunakan bahasa percakapan sehari-hari. Kisah yang dipertunjukan adalah kisah-kisah 1001 malam.

Beberapa sebutan terhadap teater yang tergolong Lenong itu, yaitu adalah sebagai berikut :
  1. Lenong Dines
  2. Wayang Senggol
  3. Wayang Sumedar
  4. Lenong Preman
  5. Wayang Si Ronda
  6. Jinong
  7. Dermuluk
  8. Samrah

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Lenong