Widget HTML #1

Pengertian Gaya (fisika) Serta Jenisnya

Pengertian Gaya (fisika) Serta Jenisnya. Definisi gaya dalam IPA dan teknologi memegang peran yang sangat penting. Banyak kegitan yang berkaitan dengan gaya yang dapat kita lakukan atau dapat kita amati dalam kejadian sehari-hari. Contohnya, kita yang mendorong sebuah benda hingga bergerak dan berpindah tempat, bahkan saat kita menjatuhkan benda. 

Pengertian Gaya (fisika) Serta Jenisnya

Definisi Gaya

Nah Apabila Seorang mendorong sebuah benda, dan benda yang tadinya diam sekarang dapat bergerak dan bergeser. benda yang bergerak karena orang memberikan sesuatu kekuatan melalui dorongan, kekuatan itulah yang dinamakan sebagai gaya.

Pengertian Gaya adalah merupakan dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak. Jadi bila seseorang menarik atau mendorong benda hingga benda itu bergerak maka kita telah memberikan gaya terhadap benda tersebut.

Gaya dapat menyebabkan sebuah benda berubah bentuk, berubah posisi, berubah kecepatan, berubah panjang atau volume, dan juga berubah arah. Besar kecilnya atau kuat lemahnya gaya yang harus kita keluarkan untuk suatu kegiatan, tergantung pada jenis kegiatannya. Sebuah gaya disimbolkan
dengan huruf F singkatan dari Force. Satuan gaya dalam Satuan Internasional (SI) adalah Newton (N) yang merupakan penghormatan bagi seorang ilmuwan Fisika Inggris bernama Sir Isaac Newton (1642-1727). Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.

Jenis-jenis Gaya

  1. Gaya magnet. Adalah Kekuatan yang menarik jarum, paku, atau benda logam lainnya yang ada disekitarnya. Yang mana Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan selatan.
  2. Gaya listrik statis. Adalah Kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik untuk menarik benda-benda disekitarnya.
  3. Gaya otot. Adalah Kekuatan yang dihasilkan oleh otot manusia. Gaya ini sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban.
  4. Gaya gravitasi bumi. Adalah Kekuatan bumi untuk menarik benda lain ke bawah. apabila keatas melempar benda ke atas maka benda tersebut akan jatuh ke bawah.
  5. Gaya Pegas Adalah Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang diregangkan.
  6. Gaya Gesekan. Adalah Bila kedua benda saling bergesekkan, maka antara keduanya akan muncul gaya gesek.