Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gerakan Lokomotor Dan Contonya

Pengertian Gerakan Lokomotor Dan Contonya. Gerakan lokomotor termasuk gerakan-gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, mengguling, melayang, dan lain sebagainya. Gerakan-gerakan inilah yang kemudian menjadi dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina.

Baca Juga  Pengertian Gerak Non Lokomotor serta Contohnya

Pengertian Gerakan Lokomotor Dan Contonya

Definisi Gerakan Lokomotor

Menurut Para ahli gerakan lokomotor adalah sebagai gerakan - gerakan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat atau mengembara dalam berbagai ruang, sehingga dalam bahasa Inggris disebut juga Traveling.


Pengertian lokomotor adalah merupakan gerakan yang sangat penting bagi transportasi manusia. Keterampilan ini diidentifikasi sebagai keterampilan yang menggerakan individu dalam suatu ruang atau dari tempat ke tempat lain.

Gerak dasar lokomotor diartikan sebagai gerakan atau keterampilan memindahkan tubuh dari satu tempat ketempat yang lain untuk mengangkat tubuh keatas.


Menurut Sayuti Sahara dalam Sujiono gerak lokomotor merupakan gerak dasar yang menjadi fondasi untuk dipelajari dan diperkenalkan pada anak usia TK gerak dasar tersebut antara lain: berjalan, berlari: meloncat dan mendarat.

Gerak dasar lokomotor merupakan dasar macam-macam keterampilan yang sangat perlu adanya bimbingan, latihan dan pengembangan agar anak-anak dapat melaksanakan dengan baik dan benar. Sebagian gerak dasar lokomotor berkembang sebagai hasil dari beberapa tahap. Proses terbentuknya gerak tidak terjadi secara otomatis, tetapi merupakan akumulasi dari proses belajar dan berlatih, yaitu dengan cara memahami gerakan dan melakukan gerakan berulang-berulang yang disertai dengan kesadaran gerakan yang dilakukan.

Contoh Gerak Lokomotor

  1. Lari
  2. Lompat
  3. Loncat
  4. Leaping
  5. Jingkat
  6. Menderap
  7. Sliding
  8. Skiping
  9. Rolling
  10. Memanjat