Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Energi Potensial

Pengertian Energi Potensial. Dikatakan energy potensial gravitasi karena suatu energi yang tersimpan didalam suatu benda atau materi karena kedudukannya. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian serta rumusnya.

Definisi Energi Potensial

Pengertian Energi potensial gravitasi adalah energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya (ketinggiannya) terhadap suatu bidang acuan tertentu. Semakin tinggi benda diatas permukaan tanah, makin besar energi potensial yang dimiliki benda tersebut.
Secara Umum Energi potensial gravitasi adalah energi potensial suatu benda yang disebabkan oleh kedudukan benda terhadap gravitasi bumi. Jika kita menggantungkan bola bermassa m, pada ketinggian h dari permukaan tanah maka energi potensial gravitasi bola tersebut dinyatakan:

Ep = m . g . h


Keterangan
  • Ep : energi potensial (joule)
  • m : massa (kg)
  • g: percepatan gravitasi (m/s2)
  • h: ketinggian terhadap titik acuan (m)

Berdasarkan persamaan energi potensial tersebut diatas, tampak bahwa makin tinggi (h) benda di atas permukaan tanah, makin besar energi potensial (EP) yang dimiliki benda tersebut. Energi potensial gravitasi bergantung pada jarak vertikal alias ketinggian benda di atas titik acuan tertentu. Biasanya kita tetapkan tanah sebagai titik acuan jika benda mulai bergerak dari permukaan tanah atau gerakan benda menuju permukaan tanah.

Contoh ketika batu dijatuhkan dari gedung berlantai 3 (tiga), maka batu akan jatuh dan Apabila mendarat di tanah, akan mengakibatkan tanah tersebut berlubang dan meninggalkan bekas yang lumayan dalam. Hal ini tentunya juga tergantung dari massa batu yang dijatuhkan.

Semakin berat batu yang dijatuhkan, maka bekas lubang akan semakin dalam. Seperti contoh asteroid yang jatuh ke bumi. Asteroid yang pernah jatuh ke bumi meninggalkan lubang yang begitu besar karena massanya sangat berat dan mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa cepatnya sehingga batu asteroid tersebut akan jatuh ke tanah dan akan menimbulkan lubang yang sangat besar.

Sumber
http://benergi.com/