Widget HTML #1

Pengertian Energi Potensial Serta Rumus Dan Jenisnya

Pengertian Energi Potensial Serta Rumus Dan Jenisnya. Apa Yang Dimaksud dengan Energi Potensial. Bagia anda yang mencari tentang Pengertian Atau Definsi Energi Potensial berikut adalah penjelasannya. Energi ini merupakan suatu bentuk energi yang tersimpan, yang dapat dimunculkan dan diubah sepenuhnya menjadi tenaga kinetik.

Definisi Energi Potensial

Pengertian Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda akibat adanya pengaruh tempat atau kedudukan dari benda tersebut. Energi potensial disebut juga dengan energi diam karena benda yang dalam keadaan diam dapat memiliki energi. Apabila benda tersebut bergerak, maka benda itu mengalami perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Energi potensial memiliki beberapa bentuk diantaranya: energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, dan lain - lain.

Seperti Dikutip dari wikipedai Pengertian Energi potensial adalah energi yang memperngaruhi benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut yang mana kecenderungan tersebut menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut. Satuan SI untuk mengukur usaha dan energi adalah Joule (simbol J). Sebutan "energi potensial" pertama kali dikemukakan oleh seorang teknik dan fisikawan berkebangsaan Skotlandia, William Rankine.

Pendapat lain Tentang Energi potensial adalah sifat dari sistem, bukan benda Sebuah sistem adalah kumpulan dari benda atau partikel yang saling berinteraksi melalui gaya. Satuan dari Energi Potensial adalah sama dengan Usaha dan Energi kinetic. Di dalam suatu sistem, ada dikenal tenaga potensial dan tenaga kinetik dan ini dikenal dalam sistem konservatif. Tenaga potensial sendiri merupakan tenaga yang belum dikeluarkan dan masih tersimpan.

Secara Umum Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda karena memiliki ketinggian tertentu dari tanah. Energi potensial ada karena adanya gravitasi bumi.

Rumus Energi potensial

Pengertian Energi Potensial Serta Rumus Dan Jenisnya


Jenis energi potensial

  1. Energi potensial gravitasi, yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas permukaan bumi.
  2. Energi potensial elastisitas, ialah energi yang tersimpan pada benda yang sedang di regangkan (misalnya, pada karet katapel dan busur panah) atau di tekan (misalnya, pada per).
  3. Energi kimia, ialah energi yang terkandung dalam suatu zat.
  4. Energi listrik, ialah energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik.