Widget HTML #1

Pengertian Anxietas Serta Gejala Dan Pengobatannya

Pengertian Anxietas Serta Gejala Dan Pengobatannya. Apakah anda mempunyai teman, saudara atau orang terdekat anda yang merasa takut berlebihan. Sebagai contoh dia takut untuk bertemu dengan orang, takut keluar rumah, takut mandi dll. Mungkin dia mengalami Ansietas. Hampir semua orang yang mengalami penyakit ini tidak dapat beraktifitas seperti biasanya. Nah berikut adalah penjelasan seputar Pengertian Anxietas, Gejala Anxietas Dan Cara Mengobati Anxietas.

Definisi Anxietas

Pengertian Ansietas adalah suatu gejala yang tidak menyenangkan, sensasi cemas, takut dan terkadang panik akan suatu bencana yang mengancam dan tidak terelakkan yang dapat atau tidak berhubungan dengan rangsang eksternal. Kecemasan berbeda dengan rasa takut, karakteristik rasa takut yaitu adanya obyek dan dapat diidentifikasi serta dapat dijelaskan oleh individu.

Gejala Emosional Anxietas

  1. Merasakan diteror oleh ketakutan sendiri
  2. Merasakan ketakutan atau kecemasan
  3. Sulit Untuk berkonsentrasi
  4. Perasaan Selalu tegang dan selalu waspada
  5. Kadang Terjadi tanpa alasan yang jelas (atau tidak masuk akal)
  6. Mengantisipasi hal yang terburuk
  7. Emosional
  8. Mengalami Kegelisahan
  9. Merasa seperti pikiran Anda kosong
  10. Sering Mengamati tanda-tanda bahaya

Gejala Fisik Anxietas

  1. Berkeringat
  2. Jantung berdebar
  3. Insomnia (sulit tidur)
  4. Perut tidak nyaman atau pusing, melayang (kepala tidak nyaman)
  5. Sering buang air kecil atau diare
  6. Sesak napas
  7. Tremor dan berkedut
  8. Ketegangan otot di beberapa atau sebagian area tubuh
  9. Sakit kepala (seperti rasa penat) atau tertekan
  10. Mudah Kelelahan

Cara Mengobati Anxietas


  1. Lakukanlah Shalat tahajud dan berzikir
  2. Ingatlah Allah dalam situasi apa saja, coba ikhlas menjalani kehidupan ini, yakinlah semua yang terjadi itu telah ditentukan Tuhan, dan semua yg terjadi itu adalah yang terbaik untuk kita, Allah itu Maha Mengetahui dan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
  3. Lakukan pernapasan, rilekskan fikiran, hirup nafas panjang, kemudian hembuskan pelan-pelan, fokuskan fikiran pada udara yang kita hirup dan yang kita hembuskan, bayangkan beban fikiran keluar bersamaan dengan udara yang kita hembuskan, lalu katakan dalam hati " saya sehat, saya tenang, saya yakin bisa tidur nyenyak" lakukan ini pada saat alam bawah sadar aktif. Alam bawah sadar itu aktif yaitu pada waktu-waktu berikut : pada malam hari, pada saat bangun tidur (lewat dari setengah jam bangun tidur anda alam bawah sadar itu pasif lagi), pada saat mandi, pada saat buang air besar, pada saat mengantuk seperti menguap, dan pada saat termenung.
  4. Bayangkan kondisi sehat itu, berikan warna dan cahaya yang jelas difikiran kita kalau kita itu sehat, lakukan aktifitas yang membuat kita itu merasa kalau kita itu sehat sehingga kita itu lupa kalau kita itu sakit,
  5. Ubah suasana hati jika lagi bad mood seperti jalan-jalan ke taman atau ke kolam renang, biasanya anxie ini kambuh kalau kita lagi bad mood atau kecapean, jika tanda-tanda anxie muncul cepat alihkan pemikiran ke hal yang lain, ambil air whudu atau gosok gigi.
  6. Pancarkan kebahagiaan pada alam, di dalam hidup ini berlaku hukum The law Of Attraction, atau Hukum Tarik Menarik, pancarkan kebahagiaan itu ke semua yg ada di sekeliling kita seperti : bercanda dengan keluarga, banyak tersenyum kepada org lain, pelihara kucing, maka alam pun akan menarik kebahagiaan itu dan memancarkan kembali kebahagiaan kepada kita.
  7. baca buku-buku agama, motivasi atau pengembangan diri, biografi orang sukses, psikologi dan alam bawah sadar. nonton juga film-film yang memotivasi diri. Seiring berjalannya waktu, kita akan mengalami pendewasaan diri atas pembelajaran yg kita lakukan, sehingga kita tidak gampang cemas
  8. Ubah suasana rumah kita, yang biasanya berantakan, dirapikan, buang barang-barang yang gak penting atau barang-barang yang mengingatkan kita dgn penyakit anxie
  9. Jangan pernah dilawan anxie itu dengan emosi, jika kita kesal dengan anxie, anxie itu akan bertambah kuat. Anxie itu cukup dimengerti dengan baik, mengerti bahwa rasa cemas ini hanyalah perasaan yang dibuat-buat saja, atau perasaan yang hanya numpang lewat.
  10. Lakukan dialog diri, Dialog diri adalah berdialog dengan diri sendiri terhadap apa yang kita cemaskan, jika tidak menemukan jawaban untuk kecemasan kita, baca kandungan al-quran dan hadis, atau buku untuk menemukan jawabannya, atau bisa juga melalui curhat yaitu dengan cara menanyakan hal yang kita cemaskan kepada orang yang berilmu atau orang terdekat.
  11. Lakukan semua langkah diatas dengan penuh keyakinan kepada Allah SWT.

Buat Anda Yang Mengalami Gejala-Gejala Seperti Diatas Untuk Lebih Jelasnya anda dapat bergabung dengang Grup Anxietas Forum Indonesia.
.