Widget HTML #1

Pengertian Jaringan Meristem

Pengertian Jaringan Meristem. Berikut adalah penjelasan mengenani Apa Pengertian Dari Jaringan Meristem, Ciri-Ciri Jaringan Meristem dan Klasifikasi Jaringan Meristem. 

Pengertian / Definisi Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang terus-menerus mengalami pembelahan atau masih bersifat embrionik. Sel-sel meristem membelah terus untuk menghasilkan sel-sel baru, beberapa hasil pembelahan akan tetap berada dalam jaringan meristem yang disebut sel inisial atau sel permulaan. Sedangkan sel-sel baru yang digantikan kedudukannya oleh sel meristem disebut derivatif atau turunan. Proses pertumbuhan dan spesialisasi secara morfo-fisiologi sel yang dihasilkan oleh meristem disebut diferensiasi. Jaringan yang mengalami diferensiasi akan kehilangan karakteristik embrioniknya dan menjadi dewasa/permanen.

Menurut wikipedia Meristem adalah jaringan pada tumbuhan berwujud sekumpulan sel-sel punca yang aktif melakukan pembelahan sel. Jaringan ini mudah ditemukan pada bagian titik-titik tumbuh batang maupun akar. Meristem di bagian ini disebut sebagai meristem primer, karena mengawali pertumbuhan biomassa. Meristem juga ditemukan pada bagian batang dan akar, membentuk kambium. Terdapat dua jenis kambium pada batang yaitu kambium vaskular dan kambium gabus (felogen). Keduanya bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder (ke samping) yang dialami tumbuhan dan disebut meristem sekunder.

Ciri-ciri jaringan meristem

  1. Sel-selnya muda, aktif melakukan pembelahan dan pertumbuhan
  2. Ukuran selnya kecil dan seragam
  3. Letak sel-sel rapat, tidak ada ruang antar sel
  4. Bentuk sel bervariasi: bulat, lonjong, atau poligonal dengan dinding sel tipis
  5. Banyak mengandung sitoplasma sebagai tempat terjadinya berbagai reaksi
  6. Memiliki inti sel satu atau lebih, inti sel relatif besar
  7. Vakuola kecil atau hampir tidak ada

Klasifikasi Jaringan meristem

  1. Berdasarkan asal pembentukannya, meristem dibedakan menjadi promeristem, meristem primer dan meristem sekunder
  2. Berdasarkan letaknya, meristem dibedakan menjadi meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral.

Dikutip dari berbagai sumber