Widget HTML #1

Pengertian Kelompok

Pengertian Kelompok.  Arti dari kelompok sangat beragam dan bermacam-macam  tergantung  pada sudut  pandang  para  ahli  yang mendefinisikannya.  Berikut adalah beberapa pengertian kelompok menurut para ahli yang meliputi pandangan  yang  mendasarkan pada persepsi, motivasi, tujuan kelompok, organisasi kelompok, interdependensi dan interaksi.

Menurut Wiraatmadja.  Kelompok  adalah suatu  kumpulan manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan pola interaksi yang nyata dan dapat membentuk satu kesatuan.

Menurut Mayor Polak pengertian  kelompok  berdasarkan  persepsi adalah merupakan sejumlah  orang  yang  ada dalam hubungan antara satu  sama  lain  dan  antara  hubungan  itu  bersifat  sebagai  sebuah struktur. 

foto wikipedia

Menurut Johnson  pengertian kelompok adalah sebagai dua individu  atau  lebih  yang berinteraksi melalui tatap  muka  (face to  face  interaction), dan masing-masing  menyadari  keanggotaannya  dalam  kelompok,  masing-masing  menyadari keberadaan  anggota  kelompok lainnya ,masing -masing  menyadari  saling  ketergantungan secara positif dalam mencapai tujuan bersama.

Menurut Soerjono  Dirdjosisworo.  Kelompok  adalah  individu –individu yang  hidup  bersama dalam  satu  ikatan, yang dalam satu  ikatan  terjadi    interaksi  sosial  dan  ikatan  organisasi  antar  anggota  masing-masing kelompok  sosial .

Menurut  Wila  Huky,  bahwa  kelompok  merupakan  suatu unit   yang  terdiri dari dua  orang  atau   lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi. Huky secara lebih rinci menjelaskan  beberapa  ciri  dasar  suatu  kelompok sebagai berikut:
  1. Kelompok terdiri dari paling sedikit dua orang dan dapat terus bertambah menjadi lebih dari dua.
  2. Kelompok-kelompok yang sebenarnya tidak dianggap terbentuk karena memenuhi persyaratan jumlah.
  3. Komunikasi  dan  interaksi  yang  merupakan  unsur  pokok  suatu  kelompok  harus  bersifat timbal balik.
  4. Kelompok-kelompok bisa bertahan sepanjang hidup atau dalam jangka panjang tetapi juga bisa hanya dapat bertahansementara atau jangka pendek.
  5. Minat dan kepentingan bersama merupakan dasar utama pembentukan kelompok.
Pembentukan kelompok  dapat  berdasarkan situasi  yang  beraneka  ragam  yang  dalam situasi tertentu manusia dituntut untuk bersatu.

Menurut  Abdul  Syani  sejumlah  rangkaian  atau  sistem  yang  dapat menyebabkan kelompok dapat dikatakan berstruktur, yaitu:
  1. Adanya  sistem  dari  status-status  para  anggotanya.  Ia  memiliki  susunan  pengurus  yang merupakan suatu rangkaian yang bersifat hierarkis.
  2. Terdapat atau  berlakunya nilai-nilai, norma-norma (kebudayaan) dalam mempertahankan kehidupan kelompoknya yang berartu bahwa keberhasilan struktur selalu diutamakan.
  3. Terdapat peranan-peranan sosial (social role) yang merupakan aspek dinamis dari struktur.
Sumber
digilib.unila.ac.id