Widget HTML #1

Pengertian Dan Jenis Wawancara

Pengertian Dan Jenis Wawancara. Pernahkah anda mengalami hal dimana anda diberi pertanyaan oleh seseorang. ? Dan apakah anda pernah melaksanakan penelitian kemudian melakukan metode wawancara dalam melakukan pengumpulan data. Untuk melakukan wawancara yang baik hal yang harus dilakukan adalah memungkinkan sumber berita mengatakan apa yang  sebenarnya dipikirkannya, bukan memikirkan apa yang  hendak dikatakannya.

Wawancara adalah merupakan Suatu percakapan langsung dengan tujuan-tujuan tertentu dengan menggunakan format  tanya – jawab.

Wawancara juga dapat dikatakan sebagai tanya –jawab dengan seseorang untuk mendapatkan keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal atau masalah.

Tujuan Dari Wawancara adalah untuk mengumpulkan data dan fakta dalam rangka penyusunan berita, agar menjadi berita yang memenuhi persyaratan sehingga layak dimuat di media massa.  Kegiatan wawancara bertujuan menggali sebanyak mungkin informasi  untuk mendapatkan jawaban yang  bernilai penting, menarik,  dalam, dan secara psikologis berkaitan dengan manusia.


Pengertian Dan Jenis Wawancara


Wawancara berdasarkan fungsinya
  1. Wawancara riset: dilakukan sebagai metode memperoleh data / informasi tertentu tentang suatu fenomena yang  diteliti
  2. Wawancara diagnostik /assessment :  berfungsi  untk melakukan pemeriksaan psikologis
  3. Wawancara terapiutik : biasanya terjadi dalam helping  relatonship,  fungsinya untuk konseling, terapi,  pemulihan dan bentuk pendampingan psikologis lainnya.
  4. Bentuk Wawancara Berdasarkan Tujuan :
  5. Wawancara pekerjaan :  untuk kepentingan bekerja,  seleksi dan promosi
  6. Wawancara Informatif : untuk memperoleh informasi,  misal wawancara yang dilakukan oleh seorang reporter.
  7. Wawancara administratif :  untuk mendisiplinkan aturan, dalam artian seorang siswa mendapatkan bimbingan oleh seorang guru tentang aturan didalam sekolah
  8. Wawancara konseling (intake inerview): untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada klien dalam rangka membantu mengatasi masalah klien.
Jenis Wawancara
  1. Wawancara berita (news peg interview) yaitu ,wawancara yang dilakukan untuk memperoleh keterangan , konfirmasi atau pandangan narasumber tentang suatu masalah atau peristiwa. 
  2. Wawancara Informatif (informative interview) biasanya digunakan oleh seorang “ ahli ” untuk  mengungkap sebuah isue atau kejadian .
  3. Wawancara Pribadi (personel interview) yaitu wawancara untuk memperoleh data tentang pribadi dan pemikiran seseorang ( narasumber ). Berita yang dihasilkan berupa profil narasumber , meliputi identitas pribadi , perjalanan hidupnya dan pandangan – pandangannya mengenai berbagai masalah yang terkait profesinya . Biografi . 
  4. Wawancara Menghibur ( Entertainment Interview) Seorang , aktor , atau penyanyi terkenal namun tujuan utama dari wawancara ini adalah Menghibur. Sehingga topik yang dipilih bukanlah masalah yang serius . Diharapkan anekdotatau cerita lucu dari narasumber .  
  5. Wawancara Ekslusif (exclusive inteview ) yaitu wawancara yang dilakukan seseorang wartawan atau lebih ( tetapi berasal dari satu media) secara khusus berkaitan masalah tertentu di tempat yang telah disepakati bersama . 
  6. Wawancara Keliling / Jalanan (man in the street interview) yaitu wawancara yang dilakukan seorang wartawan dengan menghubungi berbagai interview secara terpisah yang satu sama lain mempunyai kaitan dengan masalah atau berita yang akan ditulis . Misalnya , ada peristiwa kebakaran . 
  7. Wawancara Kelompok (symposium interview). Wawancara ini dilakukan lebih dari satu orang sumber berita dalam satu kesempatan. Kesempatan seperti ini biasanya muncul ketika terjadi peristiwa bencana alam atau kriminalitas, namun bisa juga untuk keperluan menulis feature keluarga yang berhasil 
  8. Wawancara Emosional (Emotional Interview) Menunjukkan perasaan orang yang  diwawancara ,  misalnya :  korban penggusuran atau korban perampokan
  9. Wawancara Pro – kontra atau Menantang ( Challenging Interview) Bertujuan untuk mendapatkan konfirmasi ;  penjelasan ,  pembelaan dan komentar terkait isu kontroversial . 
Dikutip Dari Berbagai Sumber