Widget HTML #1

Pengertian Dan Jenis Pelapukan Kimia

Pengertian Pelapukan Kimia. Pelapukan kimia terjadi akibat mineral lebih mudah larut dan akan mengalami perubahan pada struktur, menyebabkan fragmentasi mudah. Perubahan kelarutan disebabkan oleh larutan (konstan dalam air), hidrolisis dan karbonasi. Srtuktural perubahan yang konstan yang dibawa oleh hidrasi, oksidasi dan reduksi.

Seperti dikutip dari wikipedia. Pelapukan kimia adalah merupakan pelapukan yang menghancurkan masa batuan yang disertai perubahan struktur Kimianya. Pelapukan kimia tampak jelas terjadi pada pegunungan kapur (karst). Pelapukan ini berlangsung dengan batuan air dan suhu yang tinggi. Air yang banyak mengandung CO2 (zat asam arang) dapat dengan mudah melarutkan batu kapur (CaCO2). Peristiwa ini merupakan pelarutan dan dapat menimbulkan gejala karst.

Berdasarkan Pengertian Lain Pelapukan kimia adalah ‘penghancuran’ batuan akibat pengubahan kimia terhadap mineral-mineral pembentuknya yang melibatkan beberapa reaksi penting antara unsur-unsur di atmosfer dan mineral-mineral pada kerak bumi. Dalam proses-proses ini, struktur dalam mineral semula terurai dan terbentuk mineral-mineral baru, dengan struktur kristal baru yang stabil di atas permukaan bumi. Reaksi-reaksi yang demikian menyebabkan terjadinya perubahan besar terhadap komposisi kimia, sifat fisik batuan, sehingga dapat dikatakan proses dekomposisi.

Air mempunyai peran utama dalam pelapukan Kimia, sedangkan peran utama dalam reaksi-reaksi kimia, sebagai medium yang mentrasport unsur-unsur yang ada di atmosfir langsung ke mineral-mineral pada batuan dimana reaksi dapat berlangsung.

Jenis Pelapukan Kimia
  1. Pelarutan atau penghancuran (Solution/dissolution)
  2. Hidrolisa
  3. Karbonasi
  4. Oksidasi
  5. Hidrasi
  6. Desiliksi
  7. Pencucian (leaching)

Faktor Yang Mempengaruhi Pelapukan Kimia
  1. Komposisi Batuan
  2. Iklim
  3. Ukuran Batuan
  4. Vegetasi dan Binatang
Dikutip Dari Berbagai Sumber.