Widget HTML #1

Seputar Pengertian Dana Aspirasi

Seputar Pengertian Dana Aspirasi. Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau dikenal sebagai dana aspirasi. Dana Aspirasi DPR ini bila dianalisa sangat mirip dengan ´pork barrel budget´ di Amerika Serikat (AS). Dana Aspirasi DPR tidak lain adalah politik pork barrel untuk menjaga status quo anggota DPR dengan cara membayar balik jasa konstituen dalam kampanye sebelumnya denganmenggunakan uang negara. 

Dengan cara tersebut anggota DPR akan mempunyai nama harum di Dapil-nya dan memperbesar kemungkinan ia terpilih kembali di pemilu berikutnya. Praktek seperti ini sudah dilegalkan di AS dan Filipina dan terbukti memang itulah tujuannya.

Dana yang diusulkan dapat disebut dana aspirasi karena digunakan untuk mewujudkan aspirasi rakyat. wakil rakyat memang sudah mendapat inspirasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi konstituennya. Sejalan dengan politik pencitraan maka aspirasi rakyat adalah yang paling kuat untuk menjadi alasan usulan tersebut. Dana yang diusulkan dapat disebut dana inspirasi karena digunakan untuk mewujudkan inspirasi wakil rakyat dalam memecahkan persoalan rakyat. 

Dana aspirasi adalah dana yang diberikan oleh dewan secara langsung, padahal dana aspirasi merupakan aspirasi masyarakat melalui anggota dewan yang diteruskan kepada pemerintah, yang selanjutnya direalisakan oleh bina program. yang disebut aspirasi tidak hanya berbentuk materi melainkan suara rakyat yang harus diterima pemerintah.

Adapun alasan diusulkan Dana Aspirasi DPR ini adalah mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, pemerataan pembangunan dan percepatan turunnya dana pembangunan ke daerah yang selama ini dirasakan masih kurang memuaskan. 

Apakah Menurut anda dengan adanya dana Aspirasi DPR dapat mensejahterakan rakyat. Kemungkinan besar tidak akan sejahtera sebab dana tersebut tidak langsung kemasyarakat tetapi harus melalui pihak-pihak tertentu. Yang paling dikahwatirkan saat ini adalah jika dana Aspirasi diberikan kemungkinan akan salah sasaran.

Menurut Kalian Dana Aspirasi Itu Seperti Apa Dan Sebaiknya Digunakan Untuk Apa….. ???