Widget HTML #1

Seputar Pengertian Akhlak

Seputar Pengertian Akhlak Secara umum Akhlak adalah tingkah laku yang sudah ada sejak lahir yang diperbuat oleh seseorang dengan cara yang spontan yakni sebagai manifestasi pencerminan, serta refleksi dari jiwa serta batin atau hati seseorang. Kata akhlak juga dapat dikatakan sebagai adab. sehingga istilah keduanya ini sering disama artikan.
Seputar Pengertian Akhlak

Menurut Encyclopedia Brittanica, akhlak disebut sebagai ilmu akhlak yang mempunyai arti sebagai studi yang sistematik tentang tabiat dari pengertian nilai baik, buruk, seharusnya benar, salah dan sebaginya tentang prinsip umum dan dapat diterapkan terhadap sesuatu, selanjutnya dapat disebut juga sebagai filsafat moral.

Baca Juga 

Menurut Abu Hamid Al Ghazali: akhlak adalah merupakan satu sifat yang tertanam dalam jiwa yang ada sejak lahir. Yang mana lahir perbuatan – perbuatan mudah tanpa memikirkannya.

Menurut Muhammad Ali Asy Al Jurjani: akhlak adalah merupakan suatu sifat yang terdiri dari sifat baik serta buruk yang ada sejak lahir dalam dirinya

Menurut Ahmad bin Musthafa: akhlak adalah merupakan suatu ilmu yang dapat diketahui keutamaan. Nah, keutamaan inilah yang mampu mewujudkan tiga kekuatan yakni kekuatan berfikir, kekuatan syahwat serta kekuatan marah.

Menurut Ibnu Maskawaih: akhlak adalah merupakan sifat yang sudah tertanam dalam jiwa yang mampu mendorong untuk melakukan segala perbuatan tanpa perlu memerlukan pemikiran serta pertimbangan

Akhlak secara istilah yaitu:
  1. Kehendak yang dibiasakan
  2. Sifat manusia yang terdidik
  3. Sifat yang tertanam dalam jiwa, daripada memunculkan perbuatan- perbuatan dengan mudah, tanpa perlu pertimbangan pikiran
Akhlak adalah suatu kekuatan dalam kehendak yang mantap, kekuatan dan kehendak mana berkombinasi membawa kecenderungan pada pemilihan  pihak yang benar (dalam hal akhlak yang baik) atau pihak yang jahat (dalam hal akhlak yang jahat).

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa akhlak adalah tabiat atau sifat seseorang, yakni keadaan jiwa yang telah terlatih, sehingga dalam jiwa tersebut benar-benar telah melekat sifat-sifat yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikirkan dan diangan-angankan lagi.

Yang menjadi objek persoalan akhlak itu adalah qalbu manusia. Kalbu ini memunculkan sifat-sifat kehendak-kehendak, kecenderungan untuk melakukan suatu perbuatan dan menjadi pusat yang mengendalikan gerak seluruh anggota  badan. Sifat itu memunculkan pesan-pesan yang tidak tunggal.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Akhlak
http://www.duniapelajar.com/