Widget HTML #1

Seputar Pengertian Eksosfer

Seputar Pengertian Eksosfer adalah lapisan udara kelima, Eksosfer adalah Lapisan ini merupakan lapisan terluar dari atmosfer bumi dan merupakan lapisan paling panas sehingga terjadi gerakan partikel udara secara tidak beraturan. Lapisan ini tersusun dari gas hidrogen dan tekanan udaranya mendekati 0 cmHg (daerah vakum). Pada lapisan Eksosfer terdapat refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga dikenal sebagai cahaya Zodiakal.

Seputar Pengertian Eksosfer

Eksosfer terletak pada ketinggian antara 800 - 1000 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini merupakan tempat terjadinya gerakan atom-atom secara tidak  beraturan. Lapisan ini merupakan lapisan paling panas dan molekul udara dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi. Lapisan ini sering disebut pula dengan ruang antar planet dan geostasioner. Lapisan ini sangat berbahaya, karena merupakan tempat terjadi kehancuran meteor dari angkasa luar.

Baca juga


Berdasarkan Penjelasan Diatas Maka Dapat disimpulkan Bahwa Sifat-sifat lapisan eksosfer adalah sebagai berikut :
  1. Eksosfer lapisan atmosfer kelima, yang merupakan lapisan terluar dari atmosfer bumi. terletak pada ketinggian 800-1000 km dari permukaan bumi.
  2. lapisan ini merupakan tempat terjadinya gerakan atom-atom secara tidak  beraturan.
  3. Molekul debu dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi
  4. Lapisan Eksosfer disebut juga ruang antarplanet dan geostasioner
  5. Lapisan Eksosfer sangat berbahaya karena merupakan tempat terjadi Penghancuran meteor dari angkasa luar.