Widget HTML #1

Seputar Pengertian Pembelajaran

Seputar Pengertian Pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu usaha sadar untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar.

Seputar Pengertian Pembelajaran
Seputar Pengertian Pembelajaran

Pengertian Pembelajaran

  1. Menurut Nana Sudjana pembelajaran merupakan proses interaksi belajar mengajar antara siswa dan guru yang diarahkan kepada tujuan supaya siswa dapat mencapai kompetensi sesuai yang diharapkan.
  2. Menurut Oemar Hamalik (2003:54) pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.
  3. Menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 284) pengertian pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional yang meliputi materi, alat, metode dan sebagainya untuk membuat siswa aktif dalam mencapai tujuan peningkatan tujuan belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat tentang pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang terencana, melibatkan interaksi antara guru dan siswa yang didukung oleh materi, alat, media, dan evaluasi untuk memberikan bantuan atau kemudahan dalam proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Kriteria materi pembelajaran

  1. Materi/bahan pengajaran harus relevan terhadap tujuan instruksional yang harus dicapai.
  2. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan taraf kesulitan dan kemampuan siswa dalam menerima dan mengelola bahan itu.
  3. Materi/bahan pengajaran dapat menunjang motivasi siswa, antara lain karena relevan dengan pengalaman hidup seharihari siswa.
  4. Materi/bahan pengajaran membantu mengaktifkan pikiran  dan kegiatan siswa.
  5. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan prosedur pengajaran yag ditentukan.
  6. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan media pelajaran yang disediakan.
.