Motor Kamu sering Boros Bensin? Ini Dia Solusi Agar Kendaraanmu Lebih Irit!

Diposting oleh Label: di
hai.grid.id 

Semakin naiknya harga bahan bakar minyak atau BBM saat ini, membuat pengendara motor harus pandai-pandai dalam penghematan tanpa harus mengurangi performa motor. Selain mobil, menggunakan transportasi sepeda motor juga harus cermat untuk menghemat budget, karena kamu mempunyai prioritas untuk membeli bensin. Well, agar kamu tidak tekor dalam keuangan, kamu perlu tahu penyebab borosnya bensin pada motormu. Yuk, simak!

  • Cek Tekanan Pada Ban Motor Kamu

tribunnews.com

Jika tekanan ban motor kamu berkurang maka akan membuat kecepatan perjalanan berkendara jadi lebih berat, serta mengakibatkan konsumsi bahan bakar juga bertambah. Pastikan saat ban motor mu kempes, kamu langsung menambah angin di bengkel terdekat, ya.

  • Hindari Rantai Motor Mengendur

inews.id

Mengendurnya rantai pada sepeda motor membuat tarikan lebih berat, sehingga membutuhkan dua kali lipat tarikan untuk menjalankan motor. Nah, Tarikan berat seperti inilah yang membuat bahan bakar bensin menjadi lebih boros.

  • Mengerem Sepeda Motor

solopos.com

Kamu pasti sering melihat pengendara sepeda motor dengan laju cepat lalu tiba-tiba mengerem mendadak. Selain berbahaya untuk keselamatan, berbahaya pula pada bahan bakar motormu karena akan terbuang sia-sia.

  • Memilih Pelumas

shopee.co.id

Kualitas pelumas yang unggul akan membuat motor kamu lebih halus tarikannya dan membuat bahan bakar lebih awet pastinya.


  • Periksa Busi Motor
liputan6.com

Periksalah busi motor, bisa jadi busi motor mu sudah waktunya untuk diganti. Karena busi yang bermasalah akan membuat boros bensin motor milikmu.

  • Membawa Beban Lebih di Motor

suratkabar.id

Di setiap kendaraan pasti mempunyai bobot maksimal berat yang ditangguh. Bobot yang berat biasanya akan membuat kinerja motormu mengalami penurunan dan tarikannya lebih berat, sehingga bahan bakar pun akan lebih banyak dikeluarkan.

  • Mencuci Motor Secara Sering

liputan6.com

Ternyata mencuci motor secara berkala akan membuat tarikan motor jauh lebih enteng, loh. Walaupun tidak masuk akal, tapi dengan mencuci motor akan membersihkan kerak-kerak atau kotoran yang ada di mesin motor berkurang. Sehingga tarikan yang dikeluarkan jauh lebih baik sebelum motor dicuci, serta membuat bahan bakar menjadi lebih awet.

  • Jangan Terlalu Sering Memanaskan Motor

kumparan.com

Banyak sebagian orang melakukan pemanasan pada motor di pagi hari, ternyata terlalu sering memanaskan motor kurang baik, loh guys. Sebaiknya setelah menstater, motor langsung dilajukan. Cara tersebut lebih efektif untuk menghemat bahan bakar kendaraan motormu.


  • Mengisi Bensin di Pagi Hari

autos.id

Mitos ini masih belum terbukti kebenarannya, banyak sebagian orang beranggapan bahwa mengisi bahan bakar di pagi hari akan lebih menghemat bensinmu, karena suhu lebih rendah membuat bensin lebih kental dan membuat volume BBM lebih banyak. Sedangkan di siang hari bensin lebih menguap karena panas.

  • Perhatikan Ukuran Pelek Motor

liputan6.com

Memodifikasi pelek motor menyebabkan pemborosan pada bahan bakar. Biasanya motor matik mempunyai ukuran ideal pelek berdiameter 14 inch dan sebagian orang memodif dengan ukuran 17 inch yang membuat tekanan berat di ban motormu.

  • Saat Berhenti Lama Hindari Menyalakan Mesin Motor

id.lovepik.com

Saat kamu berhenti lebih dari beberapa menit pastikan untuk mematikan mesin motormu untuk mengurangi penggunaan bensin. Dan untuk kamu yang memiliki motor baru pastikan motor kamu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dijalankan.

Isi BBM Saat Tangki Setengah Penuh
hai.grid.id

BBM menguap lebih cepat, biasakan mengisi bensin saat tangki motormu setengah penuh. Semakin banyak bensin yang diisi, maka semakin kecil pula udara di sela tangki yang kosong.

Begitulah tips untuk kamu agar pemakaian bensin motormu lebih irit dan awet. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat selalu.
Back to Top