6 Tips Agar Nyaman Tinggal di Rumah Sewa

Diposting oleh Label: di
Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Kebutuhan yang satu ini memang jadi yang paling utama dan sangat penting sekali.Dalam hal memilih rumah, Anda juga harus berhati-hati supayadapat mendapatkan tempat tempat tinggal yang nyaman sehingga dapat membuat Anda betah.Karenanya, memilih rumah dapat jadi pekerjaan yang cukup melelahkan.Namun, tentu saja buatdapat mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan, Anda akan membutuhkan cukup banyak biaya.


Merancang tempat tinggal nyaman memang bukan pekerjaan murah dan mudah.Karenanya, banyak yang memilih buat menabung lebih dahulu. Selama dalam masa menabung tersebut, maka Anda jugadapat memanfaatkan rumah sewa. Dalam memilih dan menentukan rumah sewa pun Anda juga harus dapat menentukan yang paling tepat dan nyaman buat Anda huni.Banyak hal yang perlu jadi pertimbangan dan perhatian sebelum Anda menentukan buat menghuni rumah sewa, termasuk bagi Anda yang tinggal di Medan. Sebagai sebuah kota besar, Medan tentu memiliki harga properti yang cukup tinggi.

Namun, soal pilihan model properti atau rumah pun biasanya juga cukup variatif. Di kota-kota Indonesia memiliki banyak rumah yang disewakan dengan aneka desain dan tampilan yang menarik dan juga dengan harga yang variatif. Ada rumah dengan tampilan minimalis hingga dengan tampilan mewah dan elegan. Punya rumah sendiri tentu menjadi dambaan setiap orang. Dengan tinggal di rumah pribadi, Anda bebas mengubah setiap sudut rumah sesuai dengan selera. Berbeda dengan di rumah sewa. Punya rumah sendiri juga lebih tenang tidak ada si pemilik rumah yang menagih uang sewa atau meminta Anda buat pindah rumah sewaktu-waktu

Sayangnya, harga rumah yang sudah melambung tinggi, membuat sebagian orang yang memiliki penghasilan pas-pasan harus sedikit bersabar. Pasalnya buat mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) harus memiliki uang cash yang besarannya sekitar 20 persen dari harga jual rumah.Sambil mengumpulkan uang muka, sebagian orang memilih buat menikmati suka duka tinggal di rumah atau apartemen kontrakan. Memang ada banyak keluhan tinggal di rumah kontrak, namun bukan berarti Anda tak dapat tinggal layaknya di rumah sendiri. Caranya? Simak artikel yang dikutip dari aparthementherapy berikut ini.

1. Tidak Seperti Rumah Sendiri 
Setiap tinggal di sebuah tempat, Anda tentu ingin memberi ciri khas diri Anda pada tempat tersebut.Begitupun dengan rumah sewa. Meskipun hanya tinggal sementara, akan lebih menyenangkan jika dapat mengubah tampilan sesuai dengan karakter pribadi.Anda mungkin tidak dapat mengubah bangunan permanen, tetapi Anda dapat mendekorasinya dengan menambahkan pajangan dinding seperti lukisan atau pajangan kata-kata mutiara.Jika pemilik rumah melarang banyak tancapan paku di dinding, Anda dapat membuat papan area khusus atau ditempel langsung ke dinding dengan perekat.

2. Dinding Putih yang Membosankan 
Ini menjadi masalah yang kerap dihadapi penyewa. Pemilik rumah kerap melarang penyewa buat mengubah warna cat putihnya yang membosankan.Solusinya, Anda dapat menempel wallpaper yang mudah dilepas rekatannya. Belakangan ini banyak tersedia motif wallpaper cantik dengan harga yang terjangkau.

3. Perabot yang Sudah Usang 
Jika menyewa rumah yang dilengkapi perabot, Anda mungkin melihat ada satu atau dua perabot yang terlihat sudah tua dan (seharusnya) diganti. Jika masih berfungsi dengan baik, Anda dapat memberi sedikit sentuhan agar mereka terlihat lebih enak dipandang. Misalnya ditempel dengan cutting stiker atau wallpaper khusus perabot. Buat masalah pintu lemari yang sudah sulit dibuka, Anda juga dapat melepas pintunya (buat sementara) dan meletakkan semua barang-barang Anda didalamnya.

4. Dapur yang Berantakan 
Sebagai rumah sewa yang kerap berganti-ganti penghuni, jangan heran jika dapur atau mungkin kamar mandinya terlihat kotor dan berantakan. Meski hanya tinggal sementara, Anda jangan malas buat melakukan bersih-bersih. Buat memberi sentuhan berbeda, Anda dapat menambah beberapa aksesoris unik, seperti talenan atau kain waslap yang berwarna warni.

5. Tidak Punya Taman Hijau 
Menyewa rumah kontrakan kecil, masalah ini memang kerap kali timbul. Pemilik rumah kadang tidak memperhatikan aspek lahan terbuka hijau dalam tempat tinggal sewanya.Namun kita dapat loh membuat sendiri taman mini beserta area duduk-duduk yang nyaman didepan rumah.Anda dapat manfaatkan area teras rumah atau balkon apartemen yang disulap sedemikian rupa seperti contoh di atas.

6. Lantai Kusam 
Meski sudah dibersihkan berulang kali, lantai rumah kontrakan Anda masih terlihat kusam bahkan ada beberapa sisi keramik yang menggelembung dan pecah. Daripada frustasi lebih baik Anda menutupinya dengan karpet. Ya, karpet kini tersedia dengan ragam warna dan motif yang dapat Anda padu padankan dengan tema ruangan. Ketika pindah Anda tidak perlu khawatir karena dapat membawa semua aksesoris dan perabot ini, kan?

Itulah penjelasan mengenai tips agar nyaman tinggal di rumah sewa. Agar rumah sewa baru dapat tampak serasi dan lebih segar, Anda dapat membeli perabot baru. Anda dapat membeli beberapa perabot seperti tempat tidur, sofa, dan lemari. Saat berbelanja pun Anda tidak boleh sembarangan, pilih perabot yang memiliki ukuran dan desain yang sesuai dengan rumah sewa baru Anda.
Back to Top