3 Cara Mengatasi Anak Susah Makan untuk Balita

Diposting oleh Label: di

Anak susah makan sebenarnya adalah masalah yang biasa kita jumpai. Namun bukan berarti Anda tidak harus memperhatikan asupan makanan sang buah hati. Berikut cara mengatasi anak susah makan untuk balita dengan mengetahui penyebab susahnya anak makan.

Kecukupan Kalori dan Kelengkapan Nutrisi
Anak memiliki batas kecukupan kalori yang dibutuhkannya. Anda tidak boleh berpikir semakin banyak buah hati Anda makan maka akan semakin menyehatkan. Anak yang menerima total kalori sesuai dengan umur dan juga berat badannya, makan buah hati dikatakan sehat.

Usia dan berat badan buah hati Anda menjadi parameter apakah kalori yang anak terima dari makan hariannya sudah memadai atau mencukupi kebutuhan tubuhnya. Balita yang susah makan bisa Anda siasati dengan memberikan makan sesuai dengan kecukupan kalorinya. Artinya Anda jangan memberikan makanan terlalu berlebihan karena justru akan membuat anak malas makan.

Anak dalam Kondisi Sakit
Anak yang susah makan bisa jadi menandakan bahwa anak sedang sakit atau kondisi tubuhnya menurun. Bukan penyakit yang parah dan akut, melainkan bisa jadi penyakit menahun seperti cacingan, TBC, atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan darah seperti kurang darah atau lebih dikenal dengan anemia.

Balita yang biasanya makan dengan lahap mendadak selera makannya menurun, Anda perlu memeriksakan kondisinya. Susah makan adalah salah satu petunjuk awal yang harusnya mendorong Anda untuk memeriksakan buah hati Anda ke dokter anak.

Jadi jika buah hati Anda mengalami penurunan nafsu makan atau susah makan, salah satu caranya adalah dengan mencari tahu alasan dia enggan makan. Bisa jadi kondisi tubuhnya sedang dalam keadaan yang kurang sehat.

Melacak Penyebabnya
Cara yang paling tepat untuk mengatasi buah hati Anda yang berusia balita ketika susah makan adalah dengan melacak apa penyebabnya ia menjadi susah makan. Jika penyebabnya karena buah hati Anda kelebihan makan, maka Anda perlu mengurangi porsi makannya.

Anak susak makan biasanya juga karena anak kelebihan minum susu, maka Anda perlu mengurangi frekuensi ia meminum susu. Jika buah hati Anda meminum susu formula, maka Anda harus mengurangi jumlah botol yang bisa ia minum.

Jika buah hati susah makan karena ia merasa sakit atau kondisi tubuhnya menurun, maka Anda perlu membawanya ke dokter. Memeriksakan kondisinya ke dokter agar mengetahui penyakit yang diderita buah hati Anda dan cara mengobati dan menangani keluhan seputat susah makan.

Biasanya anak susah makan juga bisa disebabkan karena buah hati Anda yang masih berusia balita diberi makan dengan cara paksa. Pemberian makan dengan cara paksa akan menyebabkan ia mengalami trauma. Beri makan buah hati dalam kondisi yang menyenangkan.

Itulah cara mengatasi anak susah makan dengan mengetahui penyebab ia susah makan. anda bisa mendapatkan tips mengatasi anak susah makan lainnya di Orami dengan mengunjungi situs resminya di www.orami.co.id.
Back to Top